Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 14 Februari 2019 / 00:10 WIB

Mahasiswa UMP Berdayakan Masyarakat dengan Yogurt

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Yogurt merupakan minuman susu yang difermentasi dengan menambahkan bakteri baik, yakni bakteri asam laktat (BAL) sehingga susu yang diolah menjadi yogurt akan memperlancar pencernaan dan susu ini memiliki daya simpan yang lebih lama.

“Masyarakat kita beri pemahaman tentang pentingnya manfaat minum yogurt dan cara pembuatannya. Dengan mengetahui berbagai tahapan pembuatan yogurt, masyarakat dapat membuat yogurt sendiri di rumah untuk mendukung gerakan minum susu guna menjaga kesehatan keluarga,” kata

Ketua sosialisasi pembuatan Yogurt Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) Panggah, Rabu (13/2) menjelaskan susu Yogurt ini dikenalkan bersama mahasiswa UMP kelompok 3 Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang sekaligus menggelar sosialisasi pembuatan yogurt di Balai Desa Wingkoharjo, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo.

“Sosialisasi ini penting karena dapat membantu ibu-ibu di Desa Wingkoharjo paham akan cara membuat yogurt yang baik dan benar. Serta paham susu yang baik dan sehat untuk anak-anak,” jelas Panggah.

Dalam sosialisasi yang disampaikan Jeki Wibawati SPt M Eng Msi, selaku dosen program studi Peternakan UMP bahwasanya masyarakat di desa Wingkoharjo diberikan pemahaman tentang komposisi susu, cara memilih susu yang berkualitas baik.

“Jika masyarakat sudah mampu membuat yagurt sendiri, maka keluarga, terutama anak-anak akan mendapat asupan makanan yang menyehatkan,” jelasnya. (Nar)