DIY Editor : Danar Widiyanto Rabu, 13 Februari 2019 / 16:55 WIB

Pastikan Kesiapan Warga Hadapi Merapi, Komisi A Panggil BPBD DIY

YOGYA, KRJOGJA.com - Komisi A DPRD DIY bersiap memanggil BPBD DIY untuk meminta pemaparan terkait kesiapan masyarakat menghadapi bencana yang ada di wilayah DIY. Beberapa bencana seperti erupsi Merapi dan bahaya longsor akibat curah hujan tinggi menjadi perhatian di masa saat ini. 

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto mengatakan beberapa minggu terakhir pihaknya melakukan perkembangan pencermatan terkait status waspada Merapi. Menurut dia, adanya letusan-letusan kecil yang terus terjadi membuat DPRD DIY memiliki kewajiban untuk mempersiapkan masyarakat menghadapi bencana. 

“Beberapa hari ini ada letusan kecil dan Merapi sudah mengeluarkan material maka Komisi A dalam waktu dekat akan undang BPBD DIY dan instansi terkait lainnya untuk mempersiapkan masyarakat agar bisa mendukung upaya penanggulangan bencana khususnya di lereng Merapi. Kita ingin tahu kesiapan logistik, termasuk juga penyelesaian huntap di Cangkringan,” ungkap Eko pada wartawan Rabu (13/2/2019). 

Di sisi lain, Eko mengharapkan masyarakat mau berperan aktif dalam memantau kondisi berbagai wilayah yang berpotensi terjadi bencana melalui aplikasi Jogja Istimewa. Aplikasi tersebut menurut Eko memiliki kemampuan pantau cukup menyeluruh melalui CCTV berbagai instansi pemerintah. 

“Ada CCTV yang memantau Merapi, ada pantai selatan juga kemudian ruas-ruas jalan dan sungai. Ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk penanggulangan bencana. Kita bisa berperan aktif bersama,” sambung dia. 

Dalam beberapa waktu terakhir aktivitas Merapi memang cenderung fluktuatif meski semakin intens mengeluarkan guguran material dari bukaan kawah. Terpanjang, luncuran awan panas mencapai 2 kilometer pada Kamis (7/2/2019) petang yang tetap masih berada pada jarak aman karena ditetapkan kawasan tanpa aktivitas manusia adalah 3 kilometer dari puncak. (Fxh)