DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 12 Februari 2019 / 18:10 WIB

Komisi IV Segera Bentuk UHC

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Komisi IV (Bidang Kesejahteraan Rakyat) DPRD Kabupaten Kulonprogo akan membentuk Panitia Khusus Universal Health Coverage (UHC) bagi warga setempat pascadihapusnya Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) sejak 1 Februari. UHC ini adalah sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau.

“Cakupan universal mengandung dua elemen inti yaitu akses pelayanan kesehatan yang adil dan bermutu bagi setiap warga dan perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan. Latar belakangnya adalah karena Kulonprogo belum memiliki peraturan tersebut dan ketinggalan dengan daerah lain,” ungkap Sekretaris Komisi IV DPRD Kulonprogo Hamam Cahyadi ST.

Menurut Hamam, sejak awal Februari, Jamkesda bagi warga sudah dihentikan. Ini yang mendorong Komisi IV DPRD setempat untuk mempercepat pembahasan jaminan kesehatan bagi warganya. “Hasil dari target pansus ini, ada pengoptimalan unit pelaksana teknis (UPT) Jamkesda untuk pelayanan UHC, sehingga UPT jangan dihapus,” tandasnya.

Diharapkan, Pansus mengeluarkan rekomendasi terkait mekanisme warga miskin yang tidak masuk kuota BPJS Kesehatan baik dari APBD dan APBN, ada kebijakan yang cepat. Kuota saat ini masih ada. “Jangan sampai warga miskin tidak mendapat jaminan kesehatan,” ujarnya. (Wid)