DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 12 Februari 2019 / 22:41 WIB

Kotak Suara Pemilu Mulai Dirakit

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Petugas lembaga penyelenggara Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo mulai men-setting kotak suara yang akan dipakai pada Pemilu serentak 2019 mendatang. Untuk mengantisipasi musim penghujan kotak suara dikemas dalam plastik khusus.

“Mulai hari ini kami merakit kotak suara dan targetnya selesai selama tujuh hari,” kata Ketua KPU Kulonprogo, Ibah Mutiah.

Di Kulonprogo, ungkapnya, ada 1.358 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Setiap TPS harus disiapkan lima kotak suara sehingga butuh 6.422-an kotak suara.

Dalam upaya menyelesaikan perakitan kotak suara, KPU setempat menerjunkan tujuh orang dengan sistem pembayaran borongan. Satu orang ditargetkan bisa menyelesaikan sekitar 100 sampai 150 kotak setiap harinya.

“Kami sudah siapkan layout dengan pembagian setiap daerah pemilihan (dapil). Tujuannya agar lebih aman dan tahan terhadap air. Setiap kotak suara juga akan dikemas dalam plastik di bagian dalam,” ujarnya.

Berdasarkan koordinasi dengan KPU Pusat, logistik pemilu rencananya dicetak pada 9 Maret mendatang. Selang dua hari, logistik tersebut akan mulai didistribusikan ke daerah dan diharapkan pada 13 Maret semua logistik sudah sampai ke masing-masing TPS. “Khusus bilik suara ada yang menggunakan karton tetapi ada yang menggunakan bilik bekas pemilu tahun lalu,” ungkapnya.

Tenaga perakat kotak suara, Aris Mustofa mengaku butuh waktu sekitar tujuh menit untuk menyelesaikan satu kotak suara termasuk memasukkannya dalam kemasan plastik. Dirinya mengaku tidak ada kendala dalam perakitan. “Hanya memasang plastik untuk segelnya yang butuh waktu lebih lama,” ujar Aris. (Rul/Wid)