Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Selasa, 12 Februari 2019 / 22:10 WIB

Kecurangan Kapal Asing Ilegal Ternyata Masih Terjadi, Ini Buktinya

JAKARTA, KRJOGJA.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengungkapkan, kecurangan-kecurangan yang dilakukan kapal asing di wilayah kedaulatan RI.

Dia mengungkapkan, pertama kali menjabat sebagai menteri menemukan fakta kecurangan yang dilakukan oleh pihak asing. Izin untuk satu kapal padahal mereka memiliki 10 kapal yang didesain semirip mungkin seolah kapal tersebut hanya satu.

"Perusahaan ya mereka ngaku ya aku beli izin satu, kapalnya ada 10. Catnya sama, warnanya sama, namanya. Kadang dikasih nomor berbeda tapi mirip sama padahal enggak ada izin sama sekali," kata dia dalam sebuah acara diskusi di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Tidak hanya itu, Susi mengungkapkan jika kapal asing ilegal yang terciduk sedang mengeruk ikan di wilayah kedaulatan RI, mereka kerap menawarkan uang alias suap.

"Jadi kalau saya (perusahaan pemilik kapal asing) saya ya jalan kasih amplop selesai jadi itu dulu," ungkapnya.

Karena hal itu dia menegaskan, dirinya memilih untuk menerapkan kebijakan penenggelaman kapal. Sebab jika tidak dimusnahkan kemungkinan besar kapal asing tersebut akan kembali digunakan untuk melakukan praktek ilegal fishing.

"Makanya itu detern effect penting untuk membersihkan yang sudah ada dan ini sebuah pekerjaan besar," ujar dia. Selama empat tahun menjabat, Susi Pudjiastuti telah menenggelamkan sebanyak 488 kapal asing.(*)