Jateng Editor : Danar Widiyanto Selasa, 12 Februari 2019 / 18:50 WIB

Pemilu 2019 Aman, Perekonomian Bakal Meningkat

SOLO, KRJOGJA.com - Agenda Pemilu diyakini bakal meningkatkan pertumbuhan perekonomian. Karena Pemilu akan menggerakan aktivitas UMKM dan mendorong sektor konsumsi rumah tangga. 

"Sepanjang Pemilu lancar dan baik, kami yakin meningkatkan pertumbuhan ekonomi," jelas Bandoe Widiarto, kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Selasa (12/2/2019).

Disebutkan, aktivitas Pemilu yang menggerakan UMKM diantaranya pembuatan kaos, bendera maupun atribut lainnya. "Jadi kami optimis sepanjang pemilu berjalan dan baik akan meningkatkan ekonomi," ujar Bandoe. Pada tahun lalu konsumsi rumah tangga masih menjadi penopang utama perekonomian Indonesia. 

Itu terlihat dari data pengeluaran rumah tangga mencpai sebesar 55,74 persen. Pada 2018 konsumsi rumah tangga tumbuh 5.05 persen yoy dan memberi andil terhadap pertumbuhan sebesar 2.74 persen. Sebaiknya ini bisa dipertahankan, jangan sampai turun. Sementara inflasi 2019 juga terkendali dengan baik.

Bandoe menjelaskan Jawa masih menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi nasional. Data share Jawa mencapai 58,48 persen. Provinsi terbesar yang memberikan kontribusi adalah Yogyakarta. Ini terkait adanya pembangunan sektor konstruksi bandara internasional.

"Karena itu di Surakarta kami selalu mendorong untuk meningkatkan pembangunan konstruksi. Karena memberikan dampak siginifikan terhadap pertumbuhan," tambah Bandoe dalam ngobrol seputar outlook perekonomian.(Qom)