Jateng Editor : Danar Widiyanto Selasa, 12 Februari 2019 / 17:50 WIB

Jelang Pemilu, Mirna Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Wilayah

KENDAL, KRJOGJA.com - Bupati Kendal Mirna Annisa menghimbau kepada seluruh masyarakat Kendal untuk menciptakan situasi yang kondusif, saling menghargai dan juga saling menghormati. Kondisifitas perlu ditingkatkan apalagi menjelang hajat besar Pemilu serentak 2019. Hal tersebut disampaikan Mirna dalam acara Rapat Koordinasi Masalah Strategis dan Aktual yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Kaliwungu, Kendal, Selasa (12/2/2019). 

"Jangan kendor soal kondusifitas karena jamannya sudah berubah dan hampir semua berjalan dengan cepat. Kewaspadaan harus selalu kita tingkatkan untuk mengantisipasi peristiwa yang bisa merusak ketentraman dan kedamaian, seperti peristiwa pembakaran mobil yang akhir-akhir ini terjadi, dan sempat meneror warga," ujar Bupati Mirna. 

Mirna mengatakan Kecamatan Brangsong, Kaliwungu dan Kaliwungu Selatan merupakan kecamatan strategis, pihaknya berpesan untuk selalu menjaga kondusifitas dan kerjasama yang baik antar elemen masyarakat mengingat potensinya sebagai kecamatan yang strategis dengan keberadaan Kawasan Industri Kendal dan perbatasan dengan ibu kota provinsi Jawa Tengah, Semarang. 

Sementara Komandan Kodim 0715 Kendal Letkol Inf Ginda Mohamad Ginanjar menharapkan agar semua lapisan masyarakat di Kabupaten Kendal saling menghargai dengan mempererat persatuan dan kesatuan dan pihaknya siap mendukung sepenuhnya terciptanya keamanan dan ketenraman di wilayah Kabupaten Kendal. 

Sedangkan Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita menekankan untuk saling hidup rukun dan saling menghargai. Terkait gangguan keamanan dan teror yang selama ini terjadi pihaknya bersama dengan Pemkab Kendal dan TNI sudah bahu membahu melakukan antisipasi dan pencegahan. “Setiap malam kami menerjunkan anggota untuk menyisir kampong untuk membantu masyarakat menciptakan keamanan bersama dengan pam swakarsa warga,” ujar Hamka. 

Sementara itu Ketua MUI Kabupaten Kendal KH. Asroi Tohir dan Ketua FKUB Kabupaten Kendal KH Ubaidillah yang juga Ketua Baznas Kendal mengatakan hal sama untuk sesama warga masyarakat mepererat kerukunan dan saling menghormati antar pemeluk agama. Selain itu semua warga masyarakat di Kabupaten Kendal diharapkan mensyukuri adanya kebhinekaan di Bumi Busantara ini sehingga tidak ada saling hujat dan menjelekjelekkan namun justru sikap kerjasam dan toleransi yang ada.  

“Rakor ini bertujuan untuk menyamakan visi misi persepsi dan kesatuan langkah dalam mengantisipasi kerawanan jelas pemilu serentak tahun 2019 termasuk beberapa insiden pembakaran kendaraan bermotor baru - baru ini serta memberikan wawasan dan pengetahuan tentang perkembangan situasi nasional dan daerah yang akurat.  Hasil yang diharapkan yaitu terbangunnya kesepahaman, kesamaan dan keterpaduan kesamaan visi misi persepsi dan strategi dlam rangka menjaga stabilitas daerah yang kondusif,terciptanya kordinasi konsolidasi serta hubungan yang sinergi,” ujar Marwoto, jelas Kepala Kesbangpol Kabupaten Kendal Marwoto, SH. 

Rapat Koordinasi masalah strategis dan actual diikuti oleh tokoh masyarakat dan tokoh agama serta kepala desa se Kecmatan Brangsong, Kecamatan kaliwungu da kecamatan kaliwungu Selatan. (Ung)