Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 12 Februari 2019 / 15:11 WIB

Bupati Purworejo Bangkitkan Budaya Lokal

PURWOREJO, KRJOGJA.com -  Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM mengajak masyarakat Purworejo, khususnya masyarakat di wilayah Kecamatan Bagelen untuk kembali membangkitkan budaya lokal. Mengingat wilayah ini akan menjadi pintu masuk wilayah Jawa Tengah bagian selatan dengan dibangunnya Bandara New Internadional Yogyakarta Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo DIY.

“Saya yakin masyarakat Bagelen mampu membangkitkan dan mengembangkan budaya lokal, memodifikasi berbagai kesenian tradisional yang ada sehingga menjadi daya tarik wisatawan,” katanya pada kegiatan Sobo Deso dan menginap di Desa Kalirejo Kecamatan Bagelen hingga, Selasa (12/2).

Kesempatan ini lanjut Agus Bastian tidak akan disia-siakan baik masyarakat Bagelen maupun Purworejo pada umumnya, mengingat dengan hadirnya bandara itu, Purworejo sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Kulonprogo akan menjadi pintu masuk utama Jawa Tengah bagian selatan.

Disamping itu kata Agus Bastian, berbagai potensi lainnya juga harus dikembangkan. Durian yang sudah menjadi ekon Purworejo bisa dikembangkan dengan sitem teknologi, sebab jika hanya mengandalkan durian secara alami, pertumbuhannya sangat lama.

 “Kalau durian yang sudah disentuh teknologi pertanian ini pada usia lima tahun sudah berbuah,” tandasnya didampingi Ny Verena Agus Bastian usai penyerahan bantuan BAZNAS kepada warga masyarakat yang berhak.(Nar)