Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Selasa, 12 Februari 2019 / 06:10 WIB

Foto Bisa Jadi Celah Hacker untuk Jebol Smartphone Android?

Android tak dimungkiri merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Karenanya, tidak heran Android kerap menjadi sasaran hacker.

Terkini, masalah keamanan yang menyerang sistem Android berasal dari gambar berformat PNG. Masalah keamanan ini muncul karena ada celah keamanan di Android versi 7.0 hingga 9.0.

Dikutip dari BGR, Senin (11/2/2019), temuan masalah keamanan ini pertama kali diketahui buletin bulanan keamanan Android yang baru saja dirilis.

Dari laporan itu, terungkap ada celah keamanan di Framework Android yang dapat dimanfaatkan hacker untuk mengakses perangkat Android secara diam-diam.

Para hacker tinggal memanfaatkan gambar berformat PNG yang sudah lebih dulu ditanamkan kode berbahaya. Jadi, saat pengguna Android membuka file PNG tersebut, perangkat akan langsung terinfeksi.

Namun, Google belum mengungkap lebih lanjut apa yang bisa dilakukan hacker begitu mendapat akses ke perangkat pengguna.

Terlebih, tidak ada laporan mengenai masalah tersebut mengingat pengguna juga dipastikan tidak mengetahui perangkatnya berhasil ditembus hacker.

Menyusul masalah tersebut, Google segera merilis patch keamanan terbaru. Patch keamanan tersebut sudah mulai digulirkan melalui Android Open Source Project.

Oleh sebab itu, pengguna Android diminta untuk segera memasang patch ini begitu mendapatkan notifikasi. Sementara pengguna yang belum menerimanya, diminta berhati-hati saat membuka file berformat PNG.(*)