Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Selasa, 12 Februari 2019 / 07:31 WIB

Terkait Industri 4.0, Indonesia Bersaing Ketat dengan Negara - negara di ASEAN

Negara-negara di kawasan ASEAN saat ini telah bergerak mengadopsi revolusi industri ke-4 atau industri 4.0 melalui ASEAN 4.0. Di antara negara ASEAN lain, Thailand masih memimpin dalam penerapan industri 4.0 tersebut.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartato menyatakan, dalam penerapan industri 4.0, Indonesia sebenarnya tidak kalah dibandingkan dengan Negeri Gajah Putih tersebut.‎ Sejumlah industri nasional telah mampu berdaya saing global di era digital.

“Beberapa industri itu tidak hanya menjadi percontohan di Indonesia, tetapi juga bagi Singapura. Bahkan, mereka akan dijadikan sebagai lighthouse di negara-negara ASEAN lain,” ujar dia di Jakarta, Senin (11/2/2019).

‎Dari data World Economic Forum (WEF) pada 2017, Indonesia berada di peringkat kelima dunia, melalui peranan kontribusi sektor industri pengolahan kepada produk domestik bruto (PDB) nasional. Negara-negara industri di dunia, kontribusi sektor manufakturnya terhadap perekonomian rata-ratasekitar 17 persen.

Lima negara yang sektor industri pengolahannya mampu menyumbang di atas rata-rata tersebut, yakni China (28,8 persen), Korea Selatan (27 persen), Jepang (21 persen), Jerman (20,6 persen), dan Indonesia (20,5 persen). Artinya, PDB manufaktur Indonesia merupakan yang terbesar di kawasan Asean.

“Selain itu, apabila melihat indeks daya saing global, yang saat ini diperkenalkan metode baru dengan indikator penerapan revolusi industri 4.0, peringkat Indonesia naik dari posisi ke-47 pada tahun 2017 menjadi level ke-45 di 2018,” ungkap Airlangga.

Menurut dia, industri 4.0 juga sangat penting karena mengingatkan dunia industri untuk melakukan capital expenditure (capex) atau alokasi anggaran untuk perbaikan, misalnya melakukan perbaikan alat produksi serta modernsisasi agar bisa berdaya saing.

“Dari tahun 2000-an, China investasinya sudah besar-besaran, sehingga menjadi power house,” ungkap dia.(*)