Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Selasa, 12 Februari 2019 / 01:31 WIB

Tangkap Maling Ikan, KKP Gandeng TNI

JAKARTA, KRJOGJA.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng TNI dalam rangka pemberantasan kapal pencuri ikan di perairan Indonesia. Hal ini tertuang dalam‎ penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Penguatan Ketahanan Pangan dan Pengamanan Sektor Kelautan dan Perikanan.

MoU akan ditandatangani oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mewakili pihak KKP dan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mewakili pihak TNI.

Menteri KKP, Susi Pudjiatuti mengatakan, ‎pihaknya terus mengawal visi-misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Hal ini diwujudkan oleh KKP melalui misi menjadikan laut sebagai masa depan bangsa melalui pilar kedaulatan, keberlanjutan, dan kesejahteraan dalam pembangunan kelautan dan perikanan.

"Apa yang diraih KKP dalam menjaga sumber daya laut merupakan kerjasama dengan TNI, baik Angkatan Laut, Angkatan Darat dan Angkata Udara," ujar dia di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Menurut dia, MoU ini akan memperat jalinan kerjasama antara KKP-TNI dalam bidang pelaksanaan program penguatan ketahanan pangan, serta pengamanan dan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan di wilayah Nusantara.

Sejak tanggal ditandatanginya, MoU ini akan berlaku selama 5 tahun mendatang. Berlakunya MoU ini tidak membatalkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang jangka waktunya masih berlaku. 

Meskipun begitu, dengan berlakunya MoU baru ini, Kesepakatan Bersama antara KKP dan TNI AL Nomor KKP 04/MEN-P/KB XII/2014 dan Nomor PKB/17/XII/2014 tentang Peningkatan Pengawasan dan Penegakan Hukum di Bidang Kelautan dan Perikanan pada 1 Desember 2014 akan dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi.

Dalam memberantas kedaulatan, KKP telah berupaya memberantas illegal, unreported, and underregulated (IUU) fishing melalui kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya TNI, untuk menegakkan hukum di seluruh perairan Nusantara.

Sinergi antara KKP-TNI ini diharapkan akan terus mewujudkan visi-misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.(*)