Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 11 Februari 2019 / 19:40 WIB

Ikuti Pendidikan Dasar Para, 263 Taruna dan Taruni Akmil Dikirim ke Bandung

MAGELANG, KRJOGJA.com - 263 Taruna dan Taruni tingkat IV/Sermatutar Akademi Militer (Akmil) Magelang mengikuti Pendidikan Dasar Para di Pusdikpassus Batujajar Bandung pada tanggal 14 Februari 2019 hingga 20 Maret 2019. Mereka terdiri dari 15 Taruni dan 248 Taruna. 

Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Lapangan Pancasila Akmil, Senin (11/2/2019), menerima laporan kesiapan pemberangkatan Pendidikan Dasar Para. Pendidikan Dasar Para merupakan salah satu kualifikasi di lingkungan TNI Angkatan Darat, sebagai Pasukan Lintas Udara (Linud). Hadir dalam acara ini diantaranya Wakil Gubernur Akmil Brigadir Jenderal TNI Wirana Prasetya Budi, pejabat Distribusi Akmil, para Komandan Batalyon Taruna dan para pengasuh Resimen Taruna (Mentar) Akmil. 

"Dengan memiliki kemampuan atau kualifikasi Dasar Para, Taruna dan Taruni akan lebih siap serta memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk ditugaskan pada satuan-satuan di jajaran TNI Angkatan Darat yang membutuhkan kemampuan kualifikasi Dasar Para. Karenanya latihan kali ini sangat penting bagi Taruna dan Taruni Akmil," tegas Gubernur Akmil.

Gubernur Akmil juga berharap Taruna dan Taruni memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan, perlengkapan, mentaati dan mempedomani segala instruksi para pelatih agar pelaksanaan latihan dapat berjalan tertib, aman dan lancar, diantaranya karena Pendidikan Dasar Para merupakan salah satu latihan yang beresiko tinggi.  

Para Taruna dan Taruni diharapkan senantiasa menampilkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan kapasitas dan integritas sebagai seorang taruna, sehingga 'citra baik' Akmil tetap terjaga. 

"Latihan ini merupakan kehormatan, kebanggaan dan tantangan yang harus dilaksanakan sebagai kader-kader perwira TNI AD," kata Gubernur Akmil sambil menambahkan Pendidikan Dasar Para merupakan latihan yang memerlukan kesiapan fisik, mental, keberanian, kesehatan yang prima serta kemampuan jasmani yang samapta. Taruna dan Taruni Akmil juga agar selalu berdoa kepada Allah SWT, sebagai landasan moral dan spiritual dalam menghadapi setiap kegiatan latihan. (Tha)