DIY Editor : Danar Widiyanto Senin, 11 Februari 2019 / 18:50 WIB

Ribuan RTLH di DIY Diperbaiki, Idham Resmikan 265 LPJU

BANTUL, KRJOGJA.com - Kementerian Perhubungan RI tengah gencar melakukan perbaikan transportasi dan sarana pendukungnya. Kebijakan tersebut diambil sebagai komitmen menghindari terjadinya kecelakaan menimpa pengguna jalan. Bahkan diawal tahun 2019 sudah dilakukan pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) tenaga surya di Bantul dan Kabupaten Kulonprogo. LPJU tersebut diharapkan mampu mendorong pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Bantul dan Kulonprogo yang tengah membangun New Yogyakarta International Airport (NYIA). 

"Hari ini terdapat 265 LPJU tenaga surya terpasang di Kecamatan Srandakan dan Kabupaten Kulonprogo, kenapa Kulonprogo karena untuk mendukung program pembangunan bandara," ujar anggota Komisi V  DPR  RI Drs HM Idham Samawi disela peresmiyan LPJU di Jalan Srandakan Desa Trimurti Srandakan Bantul, Senin (11/2/2019). Dalam peresmiyan itu juga dihadiri Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan, Cucu Mulyana, Kasubdit  Perlengakapan Jalan Kementerian Perhubungan Muis Tohir, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, Stah Ahli Bupati Bantul Politik  Hukum dan Pemerintahan, Drs Bambang Legowo MSi, anggota DPRD DIY Joko Purnomo, Ketua DPRD Bantul, H Hanung Raharjo SE, anggota DPRD Bantul, Sugeng Sudaryanto, Suratman, Endro Sulastomo.

Idham Samawi mengatakan, penerangan jalan untuk sekarang ini sangat dibutuhkan masyarakat. Oleh karena itu,  tahun ini pihaknya masih mengajukan tambahan LPJU tenaga surya sebanyak 435. Nantinya LPJU tersebut akan dipasang di di kabupaten kota di DIY.

Menurut Idham,  LPJU tenaga surya dinilainya  sangat praktis dibanding yang konvensional. “LPJU ini cukup  tersinari matahari 3 jam akan bisa menyala selama 24 jam,” ujarnya. Sebelumnya akhir 2018, Idham juga menyerahkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) bagi 960 kepala keluarga (KK) di Bantul. Sedang secara kesuluruhan di DIY tahun lalu sudah diserahkan BSPS  sebanyak 2.800 KK.

Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan, Cucu Mulyana mengatakan, terealisasinya pemasangan LPJU tenaga surya ini merupakan aspirasi rakyat dan diperjuangkan di pemerintah pusat. “Masyarakat kalau berterimakasih, tentu kepada Pak Idham, karena baliaulah yang sudah mengusulkan hingga terealisasi,” ujarnya.

Cucu mengatakan, komisi V DPR RI merupakan mitra kerja Kementerian Perhubungan. Pihaknya memberikan apresiasi kepada Idham Samawi karena lewat perjuangannya  LPJU bisa segera terpasang. “LPJU itu dapat mengurangi angka kecelakaan dan pasti memebrikan banyak manfaat kepada rakyat, oleh karena itu kedepan PakIdham saya harapkan bisa ikut membangun Dirjen agar lebih bisa memberikan kontribusi bagi rakyat,” jelas Cucu.

Sedang Hasto Wardoyo mengatakan, apa yang diberikan termasuk LPJU oleh Idham Samawi sangat berarti bagi rakyatnya. “Kami selalu dengan Pak Idham selalu komunikasi bagaimana apsirasi warga Kulonprogo dibawa ke pemerintah pusat,” ujarnya.(Roy)