Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 11 Februari 2019 / 20:27 WIB

Longsor Tutup Akses Jalan Desa Tawangsari

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Akses jalan Desa Tawangsari menuju Desa Wates Kecamatan Wonoboyo Kabupaten Temanggung tertutup tanah longsor, Senin (11/2). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung mengerahkan alat berat dan  warga untuk bergotongroyong membuka akses jalan. 

Plt  Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan longsor terjadi Senin dini hari. Tidak ada korban luka dan jiwa pada kejadian tersebut sebab kebetulan tidak ada warga yang melintas. 

"Kejadian diketahui warga begitu mendengar gemuruh tanah longsor, warga kemudian menuju lokasi untuk memastikan, tetapi usaha pembukaan jalan mulai pagi hari setelah terang," kata Gito Walngadi, Senin (11/2). 

Dikatakan volume longsor sendiri tinggi 7 meter lebar 3 meter dan ketebalan 3 meter, namun yang menyulitkan pada pembukaan akses jalan adalah adanya rumpun bambu di tengah jalan. Sehingga perlu alat teknologi untuk menyingkirkannya. Gotong royong sendiri melibatkan BPBD,TNI, Damkar, Polri dan masyarakat Desa Tawangsari.

Disampaikan tanah longsor juga terjadi di area lahan Pertanian Dusun Seseh Desa Ngadisepi Kecamatan Gemawang. Longsor terjadi akibat tebing sungai terkikis dan mengakibatkan tebing di sisi sungai longsor sepanjang lebih dari 200 M, lebar dan tinggi 70  meter.  "5 bidang tanah sanggem dan 1 bidang tanah bengkok terkubur. Kerugian diperkirakan Rp 300 juta," katanya. (Osy)