Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 11 Februari 2019 / 20:12 WIB

Popda Kabupaten Magelang Resmi Dibuka

MAGELANG, KRJOGJA.com - Sebanyak 4500 atlit pelajar mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kabupaten Magelang Tahun 2019. Mereka berasal dari pelajar SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA/SMK dari 21 kecamatan diwilayah ini. 

Mereka akan turun diberbagai cabang olahraga (cabor), diantaranya sepak bola, bola voli, senam, lari, panahan, tenis meja dan tenis lapangan. "Ini sesuai visi Kabupaten Magelang periode 2019-2024 'Sedaya Amanah'. Tentunya akan memberikan kesempatan yang lebih luas kepada generasi muda untuk lebih berprestasi di bidang olahraga," kata Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, di sela pembukaan POPDA 2019 di Stadion Gemilang, Kota Mungkid, Senin (11/02/2019).

Iwan berharap, melalui POPDA 2019 ini dapat mempromosikan olahraga di Kabupaten Magelang. Menurutnya, dukungan pemerintah terhadap olahraga saat ini sudah sangat tinggi. "Harapan Pak Bupati pada periode kedua bersama Pak Wakil Bupati, adalah memajukan bidang olahraga di Kabupaten Magelang. Dapat kita lihat sendiri, baru kali ini pembukaan POPDA dilangsungkan di Stadion Gemilang. Ini juga merupakan suatu bukti bahwa pemerintah daerah turut serta dalam perkembangan olahraga di Magelang," ungkapnya.

Menurut Iwan, prestasi olahraga di Kabupaten Magelang sendiri telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan setahun belakangan ini. Pasalnya, pada Pekan Olahraga di tingkat Provinsi (Porprop) beberapa waktu lalu, Kabupaten Magelang berhasil mendulang 12 emas, yang sebelumnya hanya meraih 1 emas saja. 

"Namun demikian perlu diingat, bahwa kota dan kabupaten lain pasti juga berlari ingin meraih prestasi. Maka kita juga tidak boleh terlena, mengingat posisi kita masih pada 18 besar pada Porprof 2018 kemarin. Sedangkan sebelumnya kita berada pada posisi 34 besar," katanya. (Bag)