DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 11 Februari 2019 / 19:11 WIB

Jragum Miliki Potensi Hutan Jati-Gardu Pandang

WONOSARI, KRJOGJA.com -  Tim KKN 008 2019 UMY di Dusun Jragum, Ngeposari, Semanu, memetakan potensi wisata yang dapat dikembangkan. Karena Jragum memiliki pesona wisata alam yang cukup beragam. Mulai dari Kawasan Hutan Jati yang dapat dikembangkan menjadi camping ground. 

"Ada juga gardu pandang, Telaga Sangupati hingga Goa Thotho.Seluruh potensi tersebut bila dikembangkan akan menjadi daya tarik wisatawan. Karena potensi alam yang cukup indah,” kata Ketua kelompok KKN UMY Dusun Jragum Yusuf  Nur Ilyas di dampingi salah satu mahasiswa Andre Kisrianto, Senin (11/02/2019).

Mendukung pengembangan potensi wisata, telah dilaksanakan sosialisasi bersama Dosen Pembimbing Husni Amrianto di lapangan bersama warga. Bahkan akhir Januari lalu engundang Dinas Pariwisata Gunungkidul. Serta membahas tentang desa wisata secara umum. Tim KKN bersama dosen pembimbing dan Dinas Pariwisata juga melakukan observasi ke tempat yang dapat dijadikan kawasan wisata baru. 

"Selain itu sudah disosialisasikan pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk memenuhi persyaratan sebelum membuka wisata baru. Pembentukan pokdarwis diperlukan untuk memfasilitasi wisatawan yang akan mengunjungi kawasan wisata di Jragum, Ngeposari, Semanu," jelasnya.

Diungkapkan, potensi Goa Thotho memiliki keindahan stalaktit, Telaga Sangupati memiliki nilai sejarah yang menarik. Sedangkan kawasan hutan jati bisa dijadikan spot foto. Terkini seperti adanya susunan pohon rindang, kabun jagung hamparan luas dan sebagainya. Lokasi Dusun Jragum juga mudah dijangkau menempuh jarak 20 menit dari Kota Wonosari. Lokasinya cukup strategis. (Ded)