Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 11 Februari 2019 / 18:40 WIB

Ratusan Pelajar Ikuti Kejurkab Pencak Silat

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com - Ratusan pelajar dari sejumlah sekolah  mengikuti Kejurkab Pencak Silat yang dilangsungkan di GOR Kabupaten Temanggung. Kejuaraan itu untuk memupuk dan menemukan atlet berbakat untuk dikirim ke kejuaraan diatasnya. 

Ketua Panitia Kejurkab Eko Saputro mengatakan terdapat setidaknya 240 atlet yang ikut lomba yang akan berlangsung sampai Rabu (13/2) mendatang. Mereka berasal dari sekitar 12 perguruan pencak silat yang ada dan mewakili sekolah masing-masing.  "Peserta telah diseleksi di tingkat perguruan dan mewakili sekolah, sebab ini lomba tingkat pelajar," katanya, Senin (11/2).

Dia mengatakan atlet terbagi dalam kategori pelajar SD, SMP dan SMU. Mereka akan bertanding dalam kelas seni dan laga. Bagi pemenang akan diikutkan dalam lomba ditingkat atasnya, yakni Karesiden dan Provinsi.  

Dikemukakan sebelum kejurda telah ada seleksi namanya pra kejurda di masing-masing perguruan, sebab jika terlalu banyak kualitas lomba yang tidak bagus, seperti stamina kedodoran dan teknik juga asal-asalan. Sehingga menyita waktu.   "Telah ada seleksi ini membuat kualitas pertandingan menjadi bagus," katanya. 

Dia mengatakan beberapa tahun lalu Temanggung sempat merajai pencak silat di Eks Karesidenan Kedu dan Banyumas. Kini usaha itu diusahakan dikembalikan lagi dengan digelarnya berbagai even pencak silat untuk menemukan dan memupuk atlet. (Osy)