Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 11 Februari 2019 / 18:05 WIB

Obwis Batu Seribu bakal Beri Kontribusi PAD

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Pemkab Sukoharjo terus melakukan pembenahan terhadap objek wisata Batu Seribu Bulu. Setelah dilakukan perbaikan juga diusulkan perubahan tarif tiket masuk pengunjung yang sudah dianggap tidak sesuai dengan kondisi sekarang. Selanjutnya tempat wisata tersebut dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Sukoharjo.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Siti Laela, Senin (11/2) mengatakan, Pemkab Sukoharjo pada tahun 2018 sudah melakukan upaya pembenahan dengan perbaikan sejumlah fasilitas di objek wisata Batu Seribu Bulu seperti kolam renang dan kelengkapan lainnya. 

Menurut Siti kondisi bangunan sekarang menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya dengan maksud memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Selain itu juga bisa mendatangkan wisatawan sebagai sumber pendapatan daerah.

Adanya pembenahan langsung sangat terlihat jelas dampaknya dengan mulai ramainya pengunjung di objek wisata Batu Seribu Bulu. Mereka yang datang tidak hanya berasal dari warga lokal Sukoharjo saja namun juga luar daerah seperti Kabupaten Wonogiri. 

"Ramainya pengunjung juga diharapkan mampu mengeliatkan ekonomi masyarakat sekitar. Sebab banyak warga membuka usaha khususnya sebagai pedagang makanan dan minuman." 

Para pengunjung dan warga sekitar diharapkan oleh Pemkab Sukoharjo untuk membantu menjaga fasilitas yang ada dengan tidak melakukan perusakan. Sebab fasilitas tersebut merupakan aset daerah yang dalam penggadaanya membutuhkan biaya tidak sedikit.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo sebagai pengelola objek wisata Batu Seribu Bulu berencana akan mengajukan perubahan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2011 tentang Retribusi. Dalam aturan tersebut tarif tiket objek wisata Batu Seribu Bulu hanya dikenakan sebesar Rp 2.000 perpengunjung. (Mam)