Olahraga Agregasi    Senin, 11 Februari 2019 / 17:55 WIB

Soal Mesin, Marquez Tunggu Tes Pramusim Kedua

BANDUNG, KRJOGJA.com – Belum pulihnya bahu kiri usai menjalani operasi bedah pada Desember 2018, membuat Marc Marquez tidak maksimal saat mengikuti tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Internasional Sepang, 6-8 Februari lalu. Ia sengaja mengalihkan fokus untuk mencoba dua tipe mesin berbeda di motor RC213V alih-alih mencoba banyak hal detil lain.

Pilihan tersebut mau tidak mau diambil Marquez demi menjaga bahu kirinya dari tekanan berlebih yang dapat berakibat fatal. Konsekuensinya, juara dunia MotoGP 2018 itu hanya menempati urutan 11 pada catatan waktu kombinasi dengan menorehkan putaran tercepat 1 menit 59,170 detik.

Catatan waktu tersebut sempat membuatnya berada di posisi teratas pada hari pertama tes, yakni 6 Februari 2019. Namun, seiring waktu berjalan, posisinya kian melorot hingga berada di urutan 11. Marquez menuturkan, sudah tahu mesin mana yang akan dipilih saat menjalani tes pramusim kedua di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, pada 23-25 Februari mendatang.

“Kami baru menjalani satu tes dan tidak perlu ada drama dalam memilih mesin. Akan tetapi, setidaknya saya sudah mendapatkan gambaran yang jelas,” tutur Marc Marquez di sela-sela kunjungannya ke Bandung, Jawa Barat, mengutip dari Motorsport, Senin (11/2/2019).

“Lebih baik dicoba nanti di Qatar karena kondisi trek kurang menguntungkan kami terutama di hari terakhir. Lintasan terasa lebih mudah, banyak karet di aspal sehingga lebih mudah mendapat daya cengkeram, dan segalanya berjalan dengan baik. Motor jadi terlalu mudah dikendarai,” imbuh pembalap berjuluk The Baby Alien itu.

Tes kedua di Qatar dua pekan mendatang menjadi kesempatan terakhir Marquez untuk mencoba motor RC213V edisi 2019. Sebab, seri pertama sudah semakin dekat, yakni 10 Maret 2019 di Sirkuit Internasional Losail. (*)