Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 11 Februari 2019 / 17:21 WIB

KPU Temanggung Mulai Rakit Kotak Suara

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com   - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung mulai merakit kotak suara Pemilu 2019. Perakitan ditarget selesai dalam satu minggu kedepan dengan melibatkan sekitar 10 pekerja dari warga sekitar.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung Yusuf Hasyim mengatakan kotak suara pemilu yang terbuat dari duplek itu telah tiba bulan lalu dan sesuai tahapan kini mulai dirakit. Perakitan ditempatkan di GOR tennis Kabupaten Temanggung yang tempatnya representatif. 

"Petugas memeriksa kotak suara sebelum dirakit dan sesudahnya. Untuk memastikan terjaga, dibungkus plastik," kata Yusuf Hasyim, Senin (11/2). 

Dikatakan kotak suara yang dirakit berjumlah 12.595 buah. Jumlah tersebut masih kurang 70 kotak suara karena ada penambahan 14 TPS. Penambahan itu sedang diusulkan sehingga belum tiba. Diharapkan kedepan ada cadangan kotak suara untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.  "Bilik suara tidak ada kekurangan, bilik suara sisa pilkada dari alumunium masih dapat digunakan," katanya.

Dia mengatakan dalam perakitan itu dilibatkan Polri dan TNI untuk menjaga keamanan. Bawaslu Kabupaten Temanggung  juga mengawasi tahapan perakitan untuk memastikan tidak ada kesalahan. Dalam perakitan sekaligus mensortir bila ada kotak yang rusak. Kerusakkan selanjutnya akan di sampaikan pada KPU RI untuk dimintakan ganti. Namun sejauh ini belum ditemukan kerusakkan. (Osy)