Jateng Editor : Agus Sigit Senin, 11 Februari 2019 / 15:46 WIB

Alasan Untuk Makan, Pedagang Kelapa Nekad Mencuri

PURWOREJO, KRjogja.com – Seorang pedagang kelapa SA (41) warga Dusun Cuweran Lor Desa/Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo terpaksa harus berurusan dengan polisi, setelah berhasil ditangkap akibat melakukan pencurian dengan pemberatan (Curat) di sebuah pondok pesantren di Plaosan Kelurahan Baledono, Kecamatan/Kabupaten Purworejo.

Pelaku mengaku nekad melakukan tindak pencurian untuk kebutuhan makan sehari-hari. “Hasil curian saya jual untuk makan,” katanya pada gelar perkara di Mapolres Purworejo, Senin (11/2).

Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong SH SIK MM menjelaskan, aksi yang telah meresahkan penghuni pondok pesantren ini dilakukan pelaku bersama rekannya AN (DPO) dengan mendatangi pesantren pada sekitar pukul 04.30. Keduanya menyatroni kamar-kamar santri karena pintu tidak dikunci dan penghuni kamar sedang tidur. “SA mengambil dua buah HP milik santri dan tersangka AN mengambil 4 empah buah HP juga milik santri,” katanya.

Setelah mendapat laporan, polisi berupaya mengejar pelaku dan berhasil menangkap SA beserta barang bukti yang sudah dijual kepada orang lain. “Pembeli sejauh ini masih kami periksa sebagai saksi,” jelasnya.

Akibat perlakuannya ini, pelaku akan dijerat dengan pasal 363 ayat 1 ke-3 dan ke-4 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama tujuh tahun. (Nar)