DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 11 Februari 2019 / 15:57 WIB

SUKSES GELAR KEJURDA 2019

Lemkari DIY Siap Gembleng Mental Atlet

SLEMAN, KRJOGJA.com - Perguruan karete Lembaga Karate-Do Indonesia (Lemkari) DIY siap siap menggembleng atlet-atlet yang berprestasi. Hal ini sebagai bentuk keseriusan Lemkari untuk menyiapkan atlet untuk persiapan kejuaraan yang lebih tinggi.

"Kami sengaja menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Lemkari DIY lebih awal karena untuk melihat persiapan sekaligus menjajal kemampuan para atlet. Karena mulai awal tahun biasanya digelar kejuaraan POR Pelajar, Popda bahkan tahun ini akan diadakan Porda pada Oktober mendatang," ujar Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Lemkari DIY, Kolonel (Kes) Drs Sudarmadi dalam pembukaan Kejurda Lemkari DIY di GOR Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) DIY di Kalasan Sleman, Minggu (10/02/2019).

Dalam Kejurda kali ini dihadiri Anggota Dewan Guru Pengurus Besar (PB) Lemkari, Shihan Dra Eka S Asmarawati, Pengprov Forki DIY, Sensei Suparmadi ST dan Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) Lemkari DIY, Sensei Ilham Murdiatno ST. Sudarmadi menilai, saat ini perguruan karate Lemkari mulai berkembang pesat.

Bahkan anggota Lemkari telah menyebar dari pelosok Sleman Utara, Bantul Selatan, Kulonprogo sampai Gunungkidul. Untuk itu ia berharap banyaknya anggota harus dibarengi dengan kualitas para atletnya, salah satunya dengan pembinaan yang matang dan berkelanjutan.

Sementara Anggota Dewan Guru Pengurus Besar (PB) Lemkari, Shihan Eka yang hadir dalam Kejurda Lemkari DIY menilai banyaknya atlet yang berkualitas didapat bukan dengan cara instan. Namum diperoleh dengan perjuangan dan kerja keras.

"Semua prestasi yang diraih atlet Lemkari bukan datang skejab maupun dengan jampi-jampi. Tetapi karena proses berlatih yang cukup lama dan intens. Karena keberhasilannya tak akan lepas dari kerja keras," jelas Shihan Eka.

Untuk itu Pengprov Forki DIY diawali Sensei Suparmadi ST menilai Lemkari sebagaimana salah satu perguruan besar telah banyak menyumbangkan atlet untuk mengharumkan nama daerah. Untuk itu melalui Kejurda Lemkari tersebut dapat melahirkan atlet yang berprestasi dan berkualitas baik ditingkat daerah, nasional maupun internasional.

Secara terpisah Ketua Panitia Kejurda Lemkari DIY, Sri Endang Susilowati menyatakan, kejuaraan kali ini diikuti sebanyak 426 karateka yang dibagi dalam dua kategori khusus untuk sabuk putih sampai oranye dan umum sabuk hijau keatas. Kejurda tersebut terbagi dalam 137 kelas pertandingan kata maupun kumite.

Kejuaraan yang digelar sampai malam tersebut tercatat sebagai juara umum I  Lemkari SDK Totogan, juara umum II Dojo Sultan Agung Lemkari Imogiri dan juara umum III Dojo Banguntapan 91. Bagi para juara di setiap kelasnya juga berhak mengikuti latihan di Pemusatan Latihan atau Binpres Lemkari DIY di Mako Brimob Gondowulung Yogyakarta. (Usa)