DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 11 Februari 2019 / 15:10 WIB

Pemda Optimis Perekonomian DIY Mengalami Pertumbuhan

YOGYA, KRJOGJA.com - Pemda DIY optimis perekonomian DIY akan tetap mengalami pertumbuhan pada 2019 karena pembangunan bandara baru masih berlangsung. Selain itu, Pemda DIY terus menggenjot pertumbuhan industri pariwisata yang sangat menjanjikan dan mempunyai multiplier effect luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kami yakin dan optimis pertumbuhan ekonomi masih akan terjadi tahun ini karena adanya pembangunan bandara baru di Kulonprogo. Justru setelah pembangunan bandara baru tersebut yang harus kita antisipasi," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Budi Wibowo.

Artinya, setelah pembangunan bandara baru tersebut selesai, harus ada proyek-proyek pembangunan yang besar di DIY. Semisal pembangunan kota bandara (aerocity) atau aerotropolis, pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), pembangunan jalan tol dan sebagainya.

"Kita yakin pertumbuhan ekonomi kita akan semakin tinggi dengan adanya pekerjaan-pekerjaan infrastruktur yang relatif sangat besar biayanya," kata Budi.

Mantan Asekda Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY tersebut mengatakan, ada tiga hal pokok atau yang menjadi fokus Pemda DIY saat ini yaitu pertama pengentasan kemiskinan, kedua penataan kota dan ketiga investasi. Investasi ini baik di sektor pariwisata maupun sektor-sektor lainnya harus dibenahi. Apalagi Pemerintah Pusat akan membentuk Pokja Kawasan Wisata Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar).

Dari sisi kemiskinan, Pemda DIY akan melakukan pembetulan data, aplikasi langsung kepada masyarakat juga sangat diperlukan. Sedangkan dari sisi investasi, pihaknya berharap kabupaten/kota juga bisa beraksi cepat terutama untuk melayani investor. (Ira)