DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 11 Februari 2019 / 13:54 WIB

Sering Dilewati Truk, Jalan di Margosari Rusak

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Di bangun baru sekitar dua tahun ini, ruas jalan Margosari - Mapolres Kulonprogo di Desa Margosari, Kecamatan Pengasih mengalami kerusakan karena menjadi jalur truk pengangkut hasil tambang dengan muatan melebihi kemampuan jalan. Lapisan aspal mengelupas sehingga membentuk kubangan. Kendaraan yang melewati jalan tersebut harus berjalan ke kanan dan ke kiri, menghindari jalan berlubang.

“Bersamaan pembangunan bandara, banyak truk lewat jalan di sini. Kebetulan jalan baru yang dibangun sekitar dua tahun lalu, tanah belum padat tidak mampu dilewati truk bermuatan berat,” ucap salah seorang warga Miri, Desa Margosari.

Seperti diketahui sesuai jalur tambang yang direkomendasikan Dinas PUPKP Kulonprogo, truk bermuatan berat diimbau menghindari jalan di Kota Wates. Jalur truk pengangkut tambang dari wilayah Pengasih ke jalan nasional melewati pertigaan Dayakan dan pertigaan Milir, Desa Kedungsari.

Jalan Margosari - Mapolres Kulonprogo bukan merupakan jalan kabupaten dan bukan jalur tambang. Sebagian besar truk memilih jalan tersebut karena jarak tempuh ke jalan nasional lebih pendek dibandingkan harus melewati pertigaan Milir.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Kawasan Pemukiman (PUPKP) Kulonprogo, Nurcahyo Budi Wibowo yang dihubungi mengakui, banyak truk bermuatan berat melanggar jalur tambang. “Kami tidak bisa apa-apa karena menjadi kewenangan Dishub (Dinas Perhubungan) dan petugas kepolisian,” ujar Nurcahyo. (Ras)