DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 11 Februari 2019 / 12:28 WIB

Disdukcapil Bantul Sosialisasikan Kemudahan Online

BANTUL, KRJOGJAcom - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bantul menyelenggarakan sosialisasi kebijakan kependudukan terkait kemudahan pelayanan secara online. Meski demikian, kemudahan yang sudah diberikan pemerintah perlu diimbangi kesadaran penduduk dalam beridentitas. Sosialisasi yang digelar Disdukcapil Bantul itu sebagai pemantapan pelaksanaan Keputusan Bupati Bantul No 566/2018 terkait pelayanan akta kelahiran secara online serta Peraturan Bupati Bantul No 108/2018.

"Pembebasan tarif layanan kesehatan pada pelayanan tes golongan darah diberlakukan bagi penduduk yang akan melakukan perekaman KTP elektronik. Juga penduduk yang melakukan perubahan elemen data golongan darah bagi calon pengantin yang akan melakukan suntik tetanus teksoid di puskesmas," urai Sekda Bantul Drs Helmi Jamharis MM.

Sementara pelayanan online diberikan untuk penerbitan akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA). Pemohon wajib melampirkan persyaratan yang ditentukan dan tidak dipungut biaya.

Helmi mengemukakan, semua pelayanan melalui sistem online ini merupakan upaya Pemkab Bantul dalam meningkatkan pelayanan masyarakat yang lebih mudah, praktis dan cepat serta tanpa biaya. Oleh karena itu masyarakat juga harus mengimbangi dengan kesadaran tentang kepemilikan surat-surat data diri seperti kartu kelahiran, kartu keluarga, dan kartu identitas anak.

"Yang semua itu juga untuk kemudahan dan kebutuhan masyarakat sendiri dalam kepentingan keluarga serta kebutuhan anak seperti pendaftaran sekolah, perkawinan dan lainnya," katanya. (Jdm)