DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 11 Februari 2019 / 11:14 WIB

Valeria Paulini Yuwono, Si Cepat Saat Berada di Air

SLEMAN, KRJOGJA.com - Sekilas memang tak ada yang berbeda dari sosok gadis manis kelahiran 15 Mei 2000 bernama Valeria Paulini Yuwono. Namun jangan salah, ketika berada di air mahasiswi Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik Industri UPN Veteran Yogyakarta angkatan 2018 ini akan menjelma sebagai perenang cepat yang sulit dikalahkan.

Bukan kiasan semata memang, Paulin begitu ia akrab disapa menjadi pemenang di banyak kejuaraan renang tingkat nasional. Salah satunya beberapa waktu lalu dalam Kejuaraan Renang Antar Sekolah dan Perguruan Tinggi 2019 diselenggarakan di Kolam Renang Tirta Krida, Komplek Akademi Angkatan Udara Yogjakarta.

Dalam kejuaraan tersebut, Paulin berhasil menyapu bersih medali emas dari sembilan nomor perlombaan yang diikuti. Raihan prestasi yang tak bisa dikesampingkan begitu saja lantaran Paulini berhasil membagi waktu antara kesibukan kuliah dengan berlatih renang.

“Saya senang sekali semua nomor bisa mendapatkan juara padahal awalnya kurang yakin bisa sapu bersih karena bentrok dengan jadwal kuliah. Mau tidak mau sebenarnya harus mengurangi jadwal latihan tapi ternyata masih bisa dapat hasil terbaik,” ungkapnya ketika bercerita Senin (11/2/2019).

Paulin sendiri berlatih renang sejak usia 6 tahun. Bagi dia, berenang adalah terapi terbaik untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi baik di kampus maupun lingkungan keluarga.

“Rasanya bisa fresh lagi kalau habis renang, nikmat sampai sekarang akhirnya. Lumayan banyak kejuaraan yang akhirnya saya ikuti. Paling berkesan di Indonesia Open 2017 karena waktu yang saya pecahkan banyak yang bagus,” imbuh putri ketiga pasangan Agus Sudjiantoro Yuwono dan Weli Waliem.

Paulin juga ternyata tak hanya cepat saat berada di kolam saja. Ia pernah mengikuti lomba di perairan terbuka sejauh 5 km dalam ajang Open Water Swimming Teluk Ambon yang berlangsung pada tahun 2016.Medali perak berhasil diraih meski kejuaraan tersebut baru yang pertama kali diikutinya.

Kini, meski tetap fokus pada kuliah namun Paulini tetap menyimpan asa menjadi atlet renang profesional yang mampu membanggakan Indonesia. “Saya berharap masih diberikan kesempatan untuk mengejar ketertinggalan. Saya ingin menjadi atlet profesional yang bisa mempersembahkan prestasi untuk negara,” pungkasnya. (Fxh)