DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 12 Februari 2019 / 00:10 WIB

Kost Angker di Gejayan, Arwah Mahasiswi Cantik Gentayangan

SEBUAH rumah bertingkat berdiri di kawasan Gejayan Sleman. Hunian ini dahulu dikenal sebagai tempat kost putri yang di dalamnya ditempati para mahasiswi luar daerah yang sedang menuntut ilmu di Yogya. Namun peristiwa tragis terjadi di tempat tersebut setelah seorang mahasiswi ditemukan tewas gantung diri di salah satu kamar. Setelah kejadian itu rumah kost ini menjadi angker dan berbagai penampakan mulai sering muncul.

Sekitar tahun 1990 an tempat ini ramai dihuni para mahasiswi. Maklum saja, lokasinya yang strategis dan dekat dengan beberapa kampus ternama di Yogyakarta membuat para mahasiswi 'pendatang' memilih hunian ini untuk tempat singgah sementara selama menuntut ilmu di Kota Pelajar.

Aktivitas para mahasiswi disela kegiatan perkuliahan sangat terasa di rumah kost ini. Tawa dan canda juga sesekali terdengar di kamar-kamar rumah ini seolah menyatu dengan gemericik aliran air Selokan Mataram yang melintas tepat di depan rumah kost.

Namun keceriaan itu berubah ketika suatu peristiwa tragis terjadi di salah satu kamar kost tempat ini. Seorang mahasiswi Fakultas Ekonomi sebuah universitas ternama di Yogyakarta ditemukan tewas dengan cara gantung diri.

Mahasiswi cantik itu memutuskan mengakhiri hidupnya dengan seutas tali yang dililitkan di lehernya dan dikaitkan ke kusen pintu kamar. Peristiwa tersebut diketahui salah seorang penghuni kost lain dan teriakan histeris sontak memecah keheningan malam itu.

Mahasiswi tersebut nekat bunuh diri karena cemburu setelah mengetahui kekasihnya berselingkuh dengan teman satu kost di tempat tersebut. Tak hanya itu, bahkan dari hubungan gelap tersebut teman satu kost si mahasiswi sampai hamil akibat ulah dari sang pacar.

Usai kejadian pilu tersebut satu persatu penghuni kost memilih pergi meninggalkan kamar mereka dan berpindah ke hunian lain. Rumah kost yang semula penuh keceriaan berubah sepi tanpa seorang pun penghuni di dalamnya.

“Setelah kejadian itu rumah kost menjadi sepi karena tak ada orang yang menempatinya. Bahkan setelah kejadian sampai sekarang tak ada lagi penghuni yang mau kost di tempat itu,” kata Edi salah seorang warga.

Kejadian-kejadian aneh mulai terjadi di tempat tersebut setelah peristiwa naas itu. Mulai dari suara tangisan hingga aroma harum bunga setaman yang mendadak berubah menjadi bau anyir bangkai tercium di lokasi tersebut.

Penampakan wanita cantik berbaju putih sesekali juga terlihat di koridor salah satu kamar yang bisa terlihat dari seberang jalan. Hantu wanita berambut sebahu itu terkadang nampak dan melambaikan tangannya seolah meminta pertolongan seseorang untuk memasuki rumah tua itu.

Konon hantu wanita itu merupakan arwah penasaran mahasiswi yang gantung diri di kamar kost. Sedangkan baju putih yang selalu terlihat saat penampakan merupakan pakaian terakhir dikenakan mahasiswi itu saat ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

“Ada penampakan, kadang terdengar juga suara menangis. Serem pokoknya kalau malam hari berada di sekitar tempat itu,” jelasnya.

Keangkeran rumah kost tersebut sudah bukan rahasia lagi. Apalagi saat malam Jumat atau Selasa Kliwon, suasana mistis bisa dirasakan dari bangunan tak berpenghuni tersebut.

Rumah kost itu kini nampak tak terawat dengan banyak ditemuinya coretan di beberapa bagian temboknya. Bagi warga sekitar maupun masyarakat yang sering melintas di lokasi, bekas hunian kost tersebut dianggap sebagai rumah angker tempat bersemayamnya arwah penasaran. (Evi Nur Aviah)