DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 11 Februari 2019 / 10:56 WIB

Pemkab Bantul Bakal Lelang Kendaraan Dinas

BANTUL, KRJOGJA.com - Secara bertahab, semua kendaraan bermotor inventaris dinas di lingkungan Pemkab Bantul mulai Jumat (08/02/2019) dilakukan pemeriksaan dan dilaporkan keberadaannya. Kendaraan dinas yang masih layak bisa tetap dipakai untuk kepentingan dinas, sedangkan yang sudah tidak layak dan berusia tua akan dilelang kemudian diganti dengan yang baru.

Upaya tersebut untuk bisa menghemat dana perawatan dan pembelian bahan bakar di masing-masing kantor. Oleh karena itu semua jenis kendaraan yang tercatatat di inventaris harus dilaporkan bagaimana kondisinya meski selama ini tidak terpakai.

Hari pertama pemeriksaan, kemarin kendaraan dinas yang dilaporkan dan diperiksa sebanyak 64 unit roda empat dan 67 unit roda dua. Menurut Bupati Bantul Drs H Suharsono, pemeriksaan kendaraan dinas ini selain untuk penghematan anggaran perawatan kendaraan juga sebagai salah satu upaya mengetahui tingkat tanggungjawab semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atas barang inventaris, khususnya kendaraan dinas yang dikelolanya.

"Saya ini ingin memastikan bahwa semua OPD betul-betul bertanggungjawab atas inventaris barang yang dikelolanya, sehingga kendaraan dinas yang digunakan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada. Serta betul-betul dalam kondisi baik dan layak digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas sesuai fungsi dan kegunaan kedinasan," paparnya. (Jdm)