DIY Editor : Ivan Aditya Senin, 11 Februari 2019 / 10:12 WIB

Kerajinan Kulit Mulo Tembus Ibukota

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com - Berbekal pengalaman bekerja pada kerajinan kulit di Yogyakarta, Tumijo warga Mulo, Wonosari mulai merintis usaha mandiri. Bahkan produk nya khususnya koper sudah merambah ke berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu pangsa pasarnya yakni Jakarta.

"Awalnya memang ikut usaha kerajinan di Yogyakata. Namun sudah sekitar 3 tahun ini memulai usaha sendiri. Perkembanganya memang cukup bagus, karena banyak permintaan yang masuk," kata Tumijo.

Diungkapkan, memang produk spesialis untuk jenis koper. Karena memang ada permintaan dari pasar. Namun juga mengembangkan produk lain seperti, ikat pinggang, tas, dompet dan berbagai aksesoris.

Untuk permintaan pasar jenis produk kerajinan kulit masih cukup bagus. Terkadang juga ada permintaan dari dinas atau lembaga untuk keperluan acara tertentu. "Permintaan konsumen masih cukup bagus," imbuhnya.

Berbagai jenis kerajinan yang diproduksi memiliki beraneka ragam harga, tergantung dari jenis dan ukurannya mencapai puluhan ribu hingga jutaan. Ny Iin yang juga perajin menuturkan, dalam kegiatan dinas, juga pernah diikutsertaka pada pameran-pameran berbagai wilayah. Bahkan hasilnya cukup bagus, karena dari mengikuti pameran, akhirnya banyak permintaan dari konsumen. (Ded)