Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 11 Februari 2019 / 01:41 WIB

Pesilat PSHT Ikrar Damai

KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Kelompok perguruan silat di Karanganyar berkomitmen menjaga kondusivitas jelang pemilu serta mendukung program pemerintah. Para pesilat juga berjanji menjauhi perbuatan onar.

Ikrar tersebut disampaikan keluarga besar Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Karanganyar dalam apel siaga Setia NKRI dan Deklarasi Pemilu Damai di alun-alun kota, Minggu (10/2).

“Siapapun yang merongrong Indonesia, SH Terate akan menjadi garda terdepan. Kami bukan kelompok 'gelutan', keroyokan tapi insan berbudi luhur. Kami berbadan hukum, artinya wajib patuh dan dilindungi hukum. Jangan membuat repot aparat keamanan. Justru kita membantu keamanan,” kata Koordinator Wilayah PSHT Jawa Tengah, Sapto Yohanes dalam sambutannya di hadapan ratusan peserta apel.

Ia memastikan ajaran PSHT bermanfaat untuk menguatkan tekad bela negara para generasi muda. Hal itu jauh dari praktik perpecahan maupun antek pelaku perusakan. Kiprah PSHT ke depan difokuskan pada pemulihan citra negatif tersebut. “Hilangkan cap-cap PSHT keroyokan. Jika ada yang mencurigakan, jangan main hakim sendiri. Laporkan ke kepolisian,” katanya.

Ketua PSHT Karanganyar, Suhanto mengatakan para pesilatnya berikrar cinta dan tunduk pada NKRI. Bentuk pengabdiannya berupa penciptaan situasi damai.“Peran aktif warga PSHT membantu ketentraman di wilayah masing-masing. Kami siap membantu aparat jika dibutuhkan,” katanya. (Lim)