Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Minggu, 10 Februari 2019 / 17:41 WIB

Otban II Medan Ajak Masyarakat Sadar Keselamatan Penerbangan

MEDAN, KRJOGJA.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub menggelar kegiatan kampanye keselamatan dan keamanan penerbangan secara simpatik di 10 bandar udara pada Otoritas Bandar Udara Wilayah I – X. 

Program ini ditujukan bukan hanya maskapai, tapi juga kepada penumpang pesawat udara di terminal penumpang bandara di wilayah otoritas bandara masing-masing.
Adapun 10 wilayah yang menggelar kampanye keselamatan dan keamanan penerbangan simpatik tersebut adalah Tangerang, Medan, Surabaya, Denpasar, Makassar, Padang, Balikpapan, Manado, Manokwari, dan serta Merauke. 

Di Bandara Internasional Kualanamu Medan, kegiatan kampanye langsung dipimpin Kepala Otoritas Bandar Udara  Wilayah II Medan, Bintang Hidayat. Kampanye itu meliputi tata cara dan etika penggunaan telepon selular di dalam pesawat, sabuk keselamatan, barang-barang yang dilarang masuk bandara dan pesawat serta beragam  komoditi yang berpotensi mengancam kenyamanan dan keselamatan penerbangan.

"Kampanye ini sangat penting dan strategis dalam meningkatkan kenyamanan dan keamanan penerbangan di Indonesia. Ini merupakan upaya pemerintah mendorong dan membangun kesadaran terhadap keselamatan dan kenyamanan penerbangan," kata Bintang Hidayat, di Bandara Kualanamu Medan, Minggu (10/02/2019).

Bintang menegaskan, kegiatan kampanye keselamatan penerbangan ini bagian dari program  yang bukan sekedar mengingatkan soal keselamatan penerbangan tapi juga bagaimana mengedukasi masyarakat untuk ikut peduli menciptakan kondisi keamanan dan kenyamanan penerbangan. 

"Kegiatan kampanye seperti ini akan terus kami lakukan secara reguler,  sehingga para pengguna jasa benar-benar memahami keselamatan,  keamanan dan kenyamanan transportasi udara," jelas Bintang.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan pemahaman masyarakat semakin baik dan dapat meminimalisir ancaman keselamatan dan keamanan penerbangan. Selain itu, secara tidak langsung, stakeholder sebagai pelaku usaha di bidang penerbangan dapat melaksanakan fungsinya dengan baik dengan meminimalisir faktor resiko.

Selain sosialisasi kepada para penumpang, dalam kampanye tersebut juga dilakukan pemeriksaan (ramp check) terhadap semua pesawat yang melayani penerbangan di Bandara Kualanamu Medan. Ramp check dilakukan sebagai pemenuhan terhadap standar keselamatan penerbangan. (Imd)