Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 11 Februari 2019 / 00:10 WIB

RNPK 2019 Bahas Pengangkatan Guru

JAKARTA, KRJOGJA.com - Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2019 antara lain akan membahas masalah penataan dan pengangkatan guru di Tanah Air.
   
"Rembuk ini membahas mengenai penataan dan pengangkatan guru, kemudian bagaimana menjadikan guru sebagai ibu pendidikan," ujar  Ketua Penitia Pengarah RNPK 2019 Ananto Kusuma Seta di Jakarta, Sabtu (9/2 2019).
     
Pembahasan mengenai guru yang akan mencakup masalah-masalah seperti redistribusi guru, profesionalisme guru, dan tunjangan bagi guru. "Bagaimana sistem tunjangan guru yang diberikan lebih berkeadilan dibandingkan saat ini, tidak berbasis absen melainkan kinerja," kata Ananto.

Masalah guru juga menjadi pembahasan dalam RNPK 2018. Ananto mengatakan bahwa persoalan profesionalisme guru memang membutuhkan pembahasan berkelanjutan. 

Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kementeroan Pendidikan dan Kebudayaan Suharti mengatakan masalah guru tidak hanya menyangkut perekrutan guru, tapi juga sistem distribusi guru. "Dalam Rembuknas ini kami juga melibatkan KPK, hal ini untuk mencegah korupsi di sektor pendidikan."ujar Suharti.

RNPK 2019 akan berlangsung di Depok, Jawa Barat, pada 11 hingga 14 Februari 2019. Tahun ini RNPK mengangkat tema "Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.

Selain itu juga  melibatkan para pelaku usaha dan industri "Sejumlah perusahaan seperti PT Astra Internasional dan PT Benih Citra Asia Jember yang akan berbagi pengalaman dalam penguatan pendidikan vokasi," kata Ketua Panitia Pengarah RNPK 2019 Ananto Kusuma Seta.

Para pelaku usaha di  RNPK akan berbagi informasi dan pengalaman mengenai praktik baik dalam mengelola pendidikan dan kebudayaan beserta permasalahannya, serta bersama-sama merumuskan solusinya. "Penyelenggaraan RNPK ini menjadi wadah dan upaya meningkatkan kerja sama berbagai pihak untuk bersama-sama membangun dan memajukan pendidikan dan kebudayaan," tutur Ananto. (Ati)