Ekonomi Agregasi    Minggu, 10 Februari 2019 / 23:25 WIB

Industri Hiburan dan Festival Tumbuh Positif


JAKARTA, KRJOGJA.com - Industri berbasis kreativitas seperti hiburan dan festival di Indonesia terus tumbuh yang ditandai melonjaknya penjualan tiket event hiburan.

Penggeraknya adalah inovasi teknologi dan internet serta keberadaan kaum milenial di Indonesia yang jumlahnya mencapai 90 juta jiwa. VP Marketing Loket Ario Adimas mengatakan, secara garis besar industri hiburan saat ini terus menunjukkan pertumbuhan positif.

Saat ini pelaku industri hiburan dan festival di Tanah Air bahkan tengah menikmati masa keemasan karena besarnya jumlah milenial dan karakter milenial yang suka mencoba hal baru atau mencari kesenangan (leisure ). ”Kita saat ini lagi di masa tinggi-tingginya. Milenial itu spendnya beda. Kalau orang zaman dulu punya uang langsung ditabung, milienial punya cara sendiri untuk menikmati hidup dan hasil kerjanya,” ujarnya di Jakarta.

Dengan cakupan yang sangat luas seperti film, festival, dan konser musik, ajang pesta olahraga, MICE, atraksi hiburan dan bidang ekonomi kreatif lainnya, industri hiburan memiliki potensi sebagai salah satu kekuatan bagi industri kreatif Indonesia yang di saat bersamaan juga turut berkontribusi bagi perekonomian nasional.

Menurut Dimas, saat ini pelaku industri hiburan juga berlomba-lomba mendesain produk yang sesuai selera milenial. ”Mulai dari pariwisata, konser, MICE, taman bermain, hingga film juga makin menggeliat perkembangannya. Lihat saja pembuat film lokal saat ini sedang naik gila gilanya. Maka, kami yakin bahwa kami ada di industri yang benar,” tukasnya. Kenaikan industri hiburan dan festival tercermin dari angka-angka penjualan tiket di Loket selaku penyedia platform tiket.

Pada tahun lalu angkanya melonjak hingga lebih dari 10 juta tiket secara keseluruhan. ”Laju pertumbuhan untuk setiap kategori juga sangat positif. Untuk penjualan tiket kategori konser dan festival musik meningkat 500%, penjualan tiket kategori MICE meningkat 200%, penjualan tiket olahraga meningkat 225%, dan penjualan tiket kategori atraksi hiburan meningkat 250%,” jelas Dimas.

Dimas menambahkan, inovasi yang kian maju dan berkembang semakin memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menjelajah event baru secara lebih cepat dan personal. Selain inovasi teknologi, Loket juga memprediksikan bahwa konsep O2O (Online-to- Offline) akan semakin dikenal luas tahun ini. (*)