Jateng Editor : Danar Widiyanto Minggu, 10 Februari 2019 / 16:50 WIB

Purworejo Siaga, Kodim dan Polres Bangun Sinergitas Amankan Pemilu

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Komando Distrik Militer (Kodim) 0708 Kabupaten Purworejo dan Polres setempat bersatu membangun sinergitas dalam pengamanan Pemilu 2019. Terutama dalam menjaga kondisifitas daerah dan Kamtibmas sehingga kehidupan masyarakat tidak terganggu jika terjadi dampak negatif dari kegiatan Pemilu.

Hal itu ditunjukkan dalam kegiatan simulasi pengamanan Pemilu di Jalan Proklamasi depan Kantor Bupati Purworejo, Sabtu (9/2/2019).

Dalam kegiatan simulasi yang hanya dilakukan pesiapan dua hari ini, dinilai memang belum sempurna. Masih banyak kekurangan dari para anggota baik Kodim maupun Polres. Namun hal itu dianggap tidak akan mengurangi semangat dalam menjalankan tugas pengamanan Pemilu.

“Masing-masing anggota harus bertindak secara professional. Saya masih melihat banyak kekurangan, ada yang menendang temannya sendiri. Tapi saya maklum karena bersiapan kegiatan ini sangat singkat,” kata Koordinator Lapangan Kapten (Inf) Daliman.

Kerjasama TNI dan Polri ini kata Daliman, akan terus ditingkatkan hingga pelaksanaan Pemilu nanti. “Tapi saya berharap pasukan ini nantinya tidak akan berguna. Itu artinya Pemilu berjalan lancar tanpa adanya gejolak kerusuhan. Tapi jika terjadi sesuatu, kita sudah siap untuk pengamanan,” tandasnya.

Kegiatan ini menurut Wakapolres Purworejo Kompol Andis Arfan Tofani, khusus dipersiapkan untuk system pengamanan kota (Sipamkota) dengan pola Tri Bata.”Kita tidak berharap situasi seperti ini terjadi. Tapi jika terjadi kerusuhan, maka pola pengamanan akan seperti ini,” tandasnya.(Nar)