Ekonomi Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 11 Februari 2019 / 17:41 WIB

Bank Danamon Kumpulkan 1700 Rekening Haji

JAKARTA, KRJOGJA.com - Direktur Syariah  Bank Danamon Indonesia  Herry Hykmanto, mengatakan, hingga 31 Januari 2019, total tabungan haji Bank Danamon mencapai  1.700 rekening, yang terdiri dari rekening tabungan jemaah haji (RTJH) dan tabungan rencana haji (TRH). 


“ Sejak 2018 Bank Danamon ditunjuk sebagai bank yang menerima dana setoran ibadah haji, hingga kuartal 4 tahun 2018, jumlah rekening haji di Bank Danamon mencapai 1.700 rekening. Dari 1.700 rekening, yang terdiri dari 50 persen rekening tabungan jemaah haji (RTJH) dan 50 persen tabungan rencana haji (TRH” kata Direktur Syariah  Bank Danamon Indonesia  Herry Hykmanto, di Jakarta.


Dikatakan,  hingga bulan Januari 2019, tercatat  Iebih dari 4 juta calon jamaah haji dari Indonesia dengan masa tunggu yang beragam. Jumlah peserta haji di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan total populasi sekitar 260 juta jiwa, dimana 87 persen diantaranya adalah muslim.
 

Salah satu kendala yang dihadapi masyarakat adalah masalah kesiapan finansial yang belum menjadi prioritas.  Padahal dengan adanya tabungan haji di Bank Danamon, hal itu tidak akan menjadi kendala, karena  masyarakat bisa menabung di  kantor cabang di seluruh Indonesia dengan setoran minimal Rp 50.000.

“Kami melihat inisiatif edukasi perencanaan tabungan haji sejak dini mulai membuahkan hasil yang positif. Hal ini harapannya dapat terus ditingkatkan untuk mendukung perkembangan perbankan syariah Bank Danamon maupun secara Iebih luas di tingkat nasional. Masyarakat Indonesia khususnya muslim di Indonesia perlu terus mendapatkan informasi bahwa mereka dapat mulai merencanakan tabungan haji, tanpa mengesampingkan prioritas lainnya dalam kehidupan mereka sehari-hari ujar Herry.

Pada tahun 2019 ini, Herry menargetkan jumlah tabungan haji dan tabungan perencanaan haji sekitar 3.000 rekening. “ Tahun ini kami targetkan sekitar 3.000 rekening, baik itu rekening haji dan rekening perencanaan haji,” tegasnya.


Dijelaskan, untuk  mencapai target itu, Bank Danamon akan melakukan penawaran kejasama untuk tabungan haji ke anak perusahaan  Danamon seperti Adira Financial atau Adira Insurance. Setelah itu baru bekerja sama dengan perusahaan  lain. (Lmg)