Gaya Hidup Editor : Danar Widiyanto Minggu, 10 Februari 2019 / 11:10 WIB

Kok 'Itunya' Berbau Tak Sedap?

TIDAK hanya vagina yang beraroma, ternyata penis juga. Ada beberapa penyebab yang membuat organ intim pria ini mengeluarkan aroma. 

Baca Juga: Cegah 'Senjata' Pria Bau, Ini Panduannya

Situs NHS menjelaskan ada tiga penyebab umum penis yang berbau. Apa saja? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Graphic, Sabtu (9/2/2019).

1. Penumpukan smegma

Smegma adalah pelumas alami yang ditemukan di sekitar kepala penis dan di bawah kulit kulup.Ketika itu menumpuk, mulai terlihat seperti zat putih, seperti keju.

Smegma terdiri dari sekresi minyak sebaceous dan sel kulit mati. Ketika menumpuk, bisa menjadi tempat sempurna bagi bakteri berkembang biak. Anda pun bisa mencium aromanya dan menyebabkan rasa sakit, terutama ketika harus menggerakkan kulit kulup bolak-balik.

Smegma umum terjadi pada penis yang tidak disunat, tapi bisa juga terjadi pada pria yang tidak memilik kulup. Tak hanya itu, wanita juga bisa mengalaminya dengan terbentuknya di antara lipatan labia atau di sekitar tudung klitoris.

2. Balanitis

Balanitis adalah jenis iritasi kulit yang memengaruhi penis dan kulup. Umumnya disebabkan penumpukan smegma, tetapi juga dapat disebabkan iritasi oleh urine, penggunaan sabun, dan gel mandi, sariawan, infeksi bakteri, IMS, atau kondisi kulit seperti eksim.

Selain mengeluarkan aroma yang tak sedap, gejala balanitis termasuk rasa sakit, gatal, kemerahan, bengkak, dan nyeri saat buang air kecil.

3. Infeksi menular seksual (IMS)

Beberapa IMS dapat menyebabkan penis berbau, termasuk gonore dan klamidia. Apabila Anda susah melakukan pemeriksaan kesehatan seksual secara teratur, tapi penis berbau maka Anda perlu memeriksakan diri.(*)