DIY Editor : Agus Sigit Minggu, 10 Februari 2019 / 01:18 WIB

Resmikan Auditorium dan Kampung Joglo, Perwacy Ikrar Bermanfaat untuk Masyarakat

BANTUL, KRJOGJA.com - Perkumpulan Warga Canton Yogyakarta (Perwacy) menggelar pelantikan pengurus periode 2018-2021, Sabtu (9/2/2019) malam. Bertepatan dengan perayaan Imlek 2570, Perwacy sekaligus meresmikan auditorium dan kampung Joglo Perwita yang nantinya digunakan untuk kesejahteraan masyarakat. 

Ketua Umum Perwacy, Prananto Hidayat mengatakan konsep pembangunan Taman Perwacy tanpa pagar menunjukkan semangat menyatu, ajur ajer warga Canton dengan warga setempat. Parkir yang dikelola warga diharapkan mampu menggairahkan perekonomian warga sekitar khususnya, dan dirasakan manfaatnya bagi warga Yogyakarta pada umumnya. 

“Taman Perwacy bukan eksklusif untuk warga Canton saja tetapi juga bisa dimanfaaatkan untuk kepentingan bersama. Auditorium Perwacy yang berbentuk PT dan menjadi salah satu unit usaha untuk pengembangan organisasi. Ini bisa digunakan untuk wedding, Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) juga bisa untuk konser musik.  
Semoga Taman Perwacy bisa mempersatukan generasi muda agar tidak lupa akar sejarah dan budaya. Taman Perwacy menjadi bukti kebersamaan, persaudaraan, persatuan warga Canton dan masyarakat yang telah diakui sebagai salah satu ikon MICE di Yogyakarta,” ungkapnya. 

Sementara kepengurusan baru Perwacy 2018-2021 yang telah menandatangani Pakta Integritas diharapkan terus menjalankan roda organisasi dengan transparan dan akuntabel serta memberikan manfaat bagi warga dan masyarakat. “Dengan semangat persatuan dan kesatuan bangsa, Perwacy sebagai organisasi sosial kemasyarakatan tidak berafiliasi politik dan independen. Kami terus berusaha membawa manfaat seperti memberikan bantuan ke Panti Asuhan Islam Nur Fadhilah di Banguntapan dan membina Yayasan Penyandang Cacat Mandiri (YPCM)  di Gabusan Bantul, memberikan ketrampilan dan lapangan kerja bagi warga difabel,” sambungnya lagi. 

Perwacy menurut Prananto juga mengharapkan agar warganya turut mensukseskan pemilu 2019 dengan turut memberikan suara. Perwacy diakui dia tak berpihak pada calon manapun sehingga warganya diberikan kebebasan penuh memilih sesuai keyakinan hati nurani. 

“Kami persilahkan anggota Perwacy memilih sesuai hati nurani. Kami ajak semua anggota yang punya hak pilih untuk mensukseskan pesta demokrasi dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kami tetap akan berusaha Migunani Tumraping Liyan,” pungkasnya. 

Wakil Gubernur DIY Paku Alam X yang hadir secara langsung dan melantik pengurus Perwacy 2018-2021 turut menyampaikan harapan agar warga Tionghoa termasuk Cantonese yang berada di Yogyakarta terus menyatu dan bermanfaat bagi masyarakat secara luas. Kepengurusan baru Perwacy menurut Wagub harus mampu menjalankan program dengan penuh dedikasi yang nantinya memajukan organisasi dan masyarakat pada umumnya. 

“Kami turut berharap, kepengurusan baru Perwacy mampu menjalankan tugas dengan penuh dedikasi untuk memajukan organisasi. Semoga Perwacy juga mampu membawa manfaat untuk masyarakat secara luas melalui kegiatan-kegiatannya,” ungkap Paku Alam. (Fxh)