DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 09 Februari 2019 / 09:56 WIB

Kecamatan Penyangga Diprediksi Banjir Pemilih

BANTUL, KRJOGJA.com - Sejumlah kecamatan di Kabupaten Bantul diprediksikan kebanjiran ribuan pemilih dari luar daerah yang mengurus formulir A5. Hal ini karena ada beberapa kabupaten penyangga yang berbatasan dengan daerah lain seperti Banguntapan dan Sewon.

Komisioner KPU Bantul Musnif Istiqomah, menilai kecamatan penyangga merupakan wilayah yang paling banyak memproses pindah pemilih. Hal ini karena banyak terdapat mahasiswa atau pelajar luar daerah yang sedang menimba ilmu di sekitaran DIY.

"Pindah pemilih bukan sesuatu hal yang dianggap sepele. Hal ini bisa dipenuhi kalau memenuhi sejumlah persyaratan di antaranya karena kerja di luar domisili, sedang menempuh pendidikan, karena ke rumah sakit, rehabilitasi narkoba, tahanan dan tertimpa musibah," jelasnya.

Musnif menambahkan untuk memudahkan pemilih memproses formulir A5, KPU berencana mendirikan layanan 'A5 Corner'. Layanan ini direncanakan akan dibuka di sejumlah titik strategis di wilayah Kabupaten Bantul. Antara lain di Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Kasihan, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Banguntapan, dan STIKES Surya Global Banguntapan.

Bagi yang ingin mengurus formulir A5, pemilih cukup membawa KTP Elektronik (e-KTP) ke kantor KPU Bantul. Bagi yang sudah terdaftar pemilih di KPU tempat asalnya, hal tersebut dengan cepat segera bisa diproses.

"Namun demikian bagi pemilih yang belum tercatat di KPU asalnya akan diproses terlebih dahulu menjadi Daftar Pemilih Khusus (DPK) di KPU asal. Kemudian KPU tempat asal meminta rekomendasi Bawaslu setempat agar bisa mengkonversi DPK menjadi DPT, baru kemudian bisa pindah pemilih," jelasnya. (Aje)