Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Sabtu, 09 Februari 2019 / 02:50 WIB

Motor Masuk Tol, DPR Mendukung?

JAKARTA, KRJOGJA.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo mendukung PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) yang berencana membangun jalur tol khusus motor di Medan dan Bandung. Proyek pembangunan itu direncanakan berlangsung pada tahun ini.

Dukungan diberikan saat Bamsoet menerima CEO CMNP Tito Sulistio di DPR, Jumat (8/2/2019).

“Pengelola jalan tol sepatutnya tidak hanya mengejar keuntungan semata tapi juga ikut memberi solusi terhadap kesulitan mayoritas rakyat kita yang masih tinggal di rumah-rumah BTN pinggiran kota," ujar Bamsoet dalam keterangannya.

Dia menjelaskan, biaya membangun ruas jalan tol untuk mobil per-kilometer di atas tanah datar kurang lebih Rp80-Rp100 miliar per kilometer. Sedangkan biaya pembangunan jalur khusus motor dengan lebar 2,5 meter plus 1 meter untuk bahu jalan kanan kiri kurang lebih Rp 30-Rp.50 miliar per kilometer.

Jika mengacu tarif tol Bali Mandara untuk mobil Gol I Rp 11.500 dan untuk motor Rp 4.500, mengingat volume pengguna motor populasinya sangat besar.

Dari sisi keadilan, tambah Bamsoet, jalur khusus bagi kendaraan bermotor roda di jalan tol, memberikan asas keadilan semua warga yang belum beruntung memiliki mobil untuk menikmati jalan tol.

Begitu pula dari sisi keselamatan juga sudah terbukti di Bali. Dengan memberikan jalur khusus motor roda dua dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas kendaraan secara signifikan.

"Untuk lebih menjamin kenyamanan pengguna jalur khusus motor roda dua, jika perlu motor gede dilarang masuk tol khusus motor pada hari-hari kerja," kata dia.(*)