Pendidikan Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 08 Februari 2019 / 12:22 WIB

Jingle Menstruasi Cocok untuk Pendidikan Kespro

SEMARANG, KRJOGJA.com- Tim dosen dan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) berhasil menciptakan jingle (nyanyian pendek) tentang menstruasi sebagai media pembelajaran remaja putri penyandang difabilitas tuna netra. Ciptaan tersebut sekarang dalam proses mendapatkan Hak Kekayaan atas Intelektual (HKI). 

Ide awal berasal dari Fitria Amalia (mahasiswa FKM). Kemudian di bawah bimbingan dosen pembimbing Trixie Salawati Ssos Mkes dan Nurina Dyah Larasaty SKM Mkes mereka membuat dan mengujicobakan jingle menstruasi di SDLB Tuna Netra Kota Pemalang.

“Hasilnya, para siswi difabel tersebut antusias serta lebih mudah memahami pesan seputar menstruasi. Pengetahuan mereka tentang menstruasipun meningkat. Jingle Menstruasi ini juga sudah diuji oleh ahli materi kesehatan reproduksi dan ahli media dan dianggap mudah dipahami” ujar  Fitria Amelia.

Menurutnya, alternatif metode audio jingle atau lagu singkat sederhana (seringkali hanya dengan kata kata) cocok untuk pembelajaran pra menstruasi bagi tuna netra.  Kelebihan  jingle  mudah diingat baik nada maupun liriknya dan  cocok dengan remaja putri tuna netra yang indera pendengarannya jauh lebih peka. Selain itu, metode jingle jauh lebih menarik dan mengasyikkan karena diiringi alunan musik.

Trixie dan  Nurina Dyah Larasaty menyatakan jingle menstruasi diharapkan bisa ikut menyumbang dan mempermudah orang tua remaja putri, termasuk yang memiliki putri tuna netra, menyampaikan pendidikan kesehatan reproduksi. Remaja puteri yang menginjak  remaja sangat perlu karena fase ini rasa ingin tahu remaja sangat besar. (Sgi)