Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Jumat, 08 Februari 2019 / 02:10 WIB

Panglima TNI Apresiasi TNI AL Mengusir Kapal Asing Tanpa Izin

JAKARTA, KRJOGJA.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. sangat mengapresiasi tindakan tegas yang telah dilakukan oleh TNI AL dalam mengusir kapal-kapal asing yang memasuki wilayah perairan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tanpa memiliki surat izin resmi. 

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI saat meninjau Pusat Komando dan Pengendalian Operasi (Puskodal) TNI Angkatan Laut di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (7/2/2019). 

Selanjutnya Panglima TNI mengatakan bahwa tindakan-tindakan represif yang dilakukan oleh TNI AL terhadap kapal-kapal asing yang masuk tanpa izin ke wilayah Indonesia dengan memberikan tembakan ke arah buritan kapal dan sebagainya itu adalah tindakan yang patut diapresiasi dalam rangka menegakkan kedaulatan NKRI. 

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Laut Nusantara Indonesia yang begitu luas adalah tanggung jawab kita semua terhadap ancaman maupun maraknya kejahatan termasuk kegiatan-kegiatan illegal. 

“Kita perlu melakukan tindakan tegas dan kerja sama dengan stakeholder dalam menjaga perairan kedaulatan wilayah Indonesia terhadap ancaman maupun kegiatan-kegiatan illegal lainnya,” tegasnya.(*)