Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 08 Februari 2019 / 09:55 WIB

Dandim Sragen Gembleng Nasionalisme Murid SMK

SRAGEN, KRJOGJA.com - Para siswa SMK Negeri 2 Sragen mendapat wejangan tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dari jajaran Kodim 0725/Sragen, Kamis (7/2). Siswa juga menyaksikan pemutaran film profil Bung Karno yang jarang disaksikannya di era milineal seperti sekarang.

"Pancasila merupakan paham yang didasarkan atas kesadaran kebangsaan yang kuat. Sedangkan esensi nilai-nilai Pancasila adalah nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan," kata Dandim 0725/Sragen, Letkol Kav Luluk Setyanto, saat memberikan materi di depan para siswa.

Menurut Dandim, keragaman dalam satu kesatuan NKRI, bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang terdiri dari suku bangsa, ras dan bahasa. Keragaman tersebut harus menjadi kekuatan untuk bisa mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Nasional dalam bingkai NKRI.

Dandim menegaskan, bangsa Indonesia ini lahir dari keberagaman, berbagai etnis dan penganut agama saling berkomunikasi satu sama lain dan hidup rukun. "Kepada siswa SMK Negeri 2 Sragen, jadikan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atau aturan,“ ujar Dandim.

Sebelum mereka mengikuti Wasbang ini, juga dilakukan pemutaran profil Bung Karno. Saat pemutaran profil Bung Karno dimulai, siswa sangat antusias menyimaknya. (Sam)