DIY Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 07 Februari 2019 / 20:11 WIB

Mayoritas Disabilitas Belum Mengenal Caleg

WONOSARI, KRJOGJA.com - Komisioner KPU Gunungkidul Supami SSos mengungkapkan, jumlah untuk pemilih disabilitas yang masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTHP2) mencapai 2.493 orang. 

Menurut Supami KPU tentunya akan memberikan layanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ramah terhadap disabilitas. Bahkan sudah ada perwakilan disabilitas yang menjadi relawan demokrasi bentukan KPU Gunungkidul. “ Prinsipnya KPU siap memberikan layanan bagi disabilitas untuk menggunakan hak pilihnya di TPS,” kata Supami usai acara Sosialisasi Pemilu bagi disabilitas di Bangsal Sewakapraja, Wonosari, Kamis (07/02/2019).

Kegiatan yang diikuti para penyandang disabilitas ini digagas Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Gunungkidul bekerjasama dengan KPU dan Bawaslu. Hadir dalam kesempatan tersebut Bidang Politik Dalam Negri dan Organisasi kemasyarakatan Arkham Mashudi STP dan Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Gunungkidul Untung Subagyo. 

Diungkapkan, dari pelaksanaan sosialiasi ini ternyata para penyandang disabilitas belum banyak mengenal para calon anggota legislatif (caleg) yang akan dipilih. “ Sebelumnya daftar caleg sudah diumumkan melalui media massa. Disabilitas juga bisa mencermati di TPS nantinya. Relawan demokrasi akan membantu untuk mensosialisasikan ke penyandang disabilitas,” ujarnya. (Ded)