Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Jumat, 08 Februari 2019 / 15:26 WIB

Polres Sukoharjo Bersihkan Bangkai Tikus

SUKOHARJO, KRJOGJA.COM - Petugas Polres Sukoharjo lakukan penyisiran disepanjang jalan raya di wilayah Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo Kota untuk mengambil bangkai tikus yang dibuang masyarakat. Hal itu dimaksudkan sebagai upaya menghindarkan penyebaran penyakit dan menjaga kenyamanan masyarakat saat melintas jalan. 

Polisi meminta agar masyarakat sejak sekarang tidak lagi membuang bangkai tikus secara sembarangan ke jalan raya namun harus mengubur dalam tanah. Hal tersebut diungkapkan Kasat Sabhara Polres Sukoharjo AKP Tourakhman, Kamis (7/2). Menurutnya, bangkai tersebut dibuang ke jalan oleh masyarakat setelah tanaman padi petani diserang hama tikus. Petani dan masyarakat yang melakukan kegiatan gropyokan dan pemusnahan justru membuangnya ke jalan raya. 

"Tikus yang tertangkap dibuang ke jalan raya dan terlindas kendaraan sampai membusuk dan itu menimbulkan kerawanan penyebaran penyakit. Jadi perlu dilakukan pembersihan," ujarnya.

Bangkai tikus yang terkumpul dikubur untuk menghilangkan bau dan bakteri penyebab penyakit. Polisi juga meminta kepada masyarakat untuk melakukan hal sama dengan tidak membuang bangkai tikus di jalan atau tempat terbuka melainkan dengan cara dikubur dalam tanah.

"Masyarakat perlu diedukasi agar bangkai tikus tidak menyebabkan penyebaran sumber penyakit. Selain itu juga untuk menjaga kebersihan lingkungan," lanjutnya. (Mam)