Gaya Hidup Editor : Agus Sigit Kamis, 07 Februari 2019 / 14:21 WIB

Test Drive Grand New Xenia Buktikan Ketangguhan dan Kenyamanan

HADIRNYA Grand New Xenia 1.500 cc awal Januari 2019 lalu mampu menyedot perhatian publik di Tanah Air. Mobil serba guna (multi purpose vehicle/MPV) legendaris dari Daihatsu itu memang sudah diakui keandalannya.

Tahun lalu, Xenia sudah meninggalkan varian 1.000 cc. Kini, Xenia hadir dengan tetap mengusung 1.300 cc dan menambah varian baru dengan mesin yang lebih besar, 2NR-VE DOHC Dual VVT-i 1.500 cc. Mesin itu juga yang digunakan Toyota Avanza Veloz, saudara kembarnya. Keduanya diproduksi di Pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat.

"Kami sebut 'big minor change', karena ada varian baru Xenia mesin 1.500 cc. Test drive ini untuk mengetahui performa, ketangguhan sekaligus kenyamanan Xenia 1.500 cc. Sebab, ada keinginan konsumen Daihatsu terhadap MPV dengan tenaga yang lebih besar," ujar Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso dalam acara Test Drive Grand New Xenia di Jakarta pekan kemarin.

Xenia terbaru ini mengusung kelebihan tampilan yang baru, kenyamanan, suspensi diperbarui, peredam ditambah, kestabilan, lebih kedap. Juga lebih unggul dari faktor safety seperti fitur keselamatan yang lebih tinggi berupa antilock brake system (ABS) dan electronic brakeforce distribution (EBD). 

Test drive menggunakan Grand New Xenia 1.500 cc matik dan manual, dalam  berbagai kondisi jalan dan medan, dari Jakarta ke kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat, yang memiliki kontur jalan ekstrem naik-turun.

Sementara itu animo masyarakat terhadap Grand New Xenia ternyata begitu tinggi. Terutama untuk varian terbaru 1.500 cc. Terbukti dari target awal  varian terbaru ini terjual 10 persen dari total penjualan Xenia, ternyata terlampaui. Informasi di kalangan media, total pemesanan kendaraan dalam 15 hari pertama atau hingga akhir Januari 2019 sudah melebihi rata-rata penjualan bulanan Xenia model sebelumnya.

Hendrayadi menyatakan, segera merilis angka penjualan itu ke publik. Target 3.000 unit perbulan optimis terlampaui hingga akhir bulan ini. "Animo masyarakat lumayan tinggi. Bahkan, untuk varian terbaru 1.500 cc yang diperkirakan hanya terjual 10 persen dari total jualan Xenia, ternyata melampaui. Angka 10 persen ini hanya periode launching. Nanti kita lihat responsnya, kalau bagus, akan kita tambah," katanya.

Total target penjualan Xenia terbaru rata-rata 3.000 unit, atau naik dari rata-rata sebelumnya sekitar 2.500 unit. Kalau 10 persen, maka untuk varian 1.500 cc sebanyak 300 unit. Tingginya animo masyarakat ini karena harga Xenia tidak naik dari model sebelumnya. Padahal, logikanya, dengan adanya desain baru, tentu ada biaya pengembangan. Xenia terbaru yang terdiri 10 varian dibanderol Rp 183,35 juta hingga tertinggi Rp 228,95 juta. (Imd/San)