Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Rabu, 06 Februari 2019 / 18:31 WIB

3 Balon Rektor UNS Masuk Tahapan Berikutnya

SOLO, KRJOGJA.com - Senat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil menyaring tiga calon rektor periode 2019-2023 dalam sidang senat tertutup, Rabu (06/02/2019). Yang lolos tiga besar adalah Prof Dr Jamal Wiwoho MHum meraih suara 69, Prof Sutarno MSc PhD 40 suara dan Prof Dr Widodo Muktiyo MCom 12 suara.

Penyaringan diikuti 5 bakal calon rektor, dua lainnya. Prof Dr Furqon Hidayatullah MPd meraih 6 suara dan Prof Dr M Nizam 5 suara. Penyaringan dihadiri 132 anggota senat universitas untuk menentukan 3 calon. Berita acara hasil penyaringan nama calon rektor disampaikan ke  Menristekdikti untuk dilakukan pemilihan dan penetapan satu calon rektor yang dijadwalkan 13-30 Maret mendatang.

"Dalam tahapan ini tiga calon akan dipilih kembali satu calon rektor oleh anggota senat dan 35 persen suara Menristekdikti," jelas ketua senat Prof Dr Suntoro MS yang didampingi rektor Prof Dr Ravik Karsidi MS, ketua panitia Prof Sahid Teguh Widodo MHum PhD dan Prof Pauline Pane perwakilan dari Kemenristekdikti.

Berita acara penyaringan calon rektor UNS setelah ditandatangani ketua panitia dan ketiga calon diserahkan kepada Prof Paulina. "Selanjutnya kami juga akan melaporkan kepada pak Menteri," kata Prof Ravik. Memasuki tahapan akhir masih terbuka kemungkinan untuk dilakukan musyawarah mufakat.

"Masih terbuka kemungkinannya adanya musyawarah. Yang bermusyawarah senat, bukan calon rektor," tambah rektor Prof Ravik. Sebelum dilakukan penyaringan secara tertutup, bakal calon menyampaikan visi, misi dan program kerja secara terbuka di auditorium. Prof Paulina Pane, staf ahli Menristekdikti bidang akademik memuji karena seluruh proses berlangsung lancar, damai dan tidak bertele tele. 

"Semoga berikutnya tetap lancar," pungkasnya. (Qom)