Jateng Editor : Danar Widiyanto Rabu, 06 Februari 2019 / 17:51 WIB

Belum Dipakai, Belasan Kotak Suara KPU Boyolali Rusak

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Belasan kotak suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali ditemukan rusak saat akan dirangkai. Kerusakan tersebut diketahui saat akan merangkai kotak suara di Gudang KPU Boyolali, Rabu (6/2/2019), saat kotak suara kiriman KPU pusat tersebut dibuka dari bungkusnya. Terdapat 12 kotak suara yang rusak, dengan jenis kerusakan diantaranya kotak suara yang terbuat dari bahan kardus tersebut mengkerut dan kotak suara yang bagiannya tak lengkap sehingga tak dapat dirangkai.  

Ketua KPU Boyolali, Ali Fachrudin menjelaskan, jumlah kotak suara yang rusak terus dipantau, sebab proses perangkaian atau pengesetan saat ini baru berlangsung dua hari dari rencana 10 hari waktu pengesetan. Sebab kotak suara bisa diketahui kelayakannya setelah dirangkai. Sebelum proses perangkaian, petugas belum membuka kotak suara kiriman dari KPU pusat yang terbungkus dalam plastik hitam. 

"Kiriman kardus kotak suara untuk Boyolali berjumlah 16.154 lembar untuk kebutuhan Pemilu pada Aplril mendatang," katanya. 

Di Boyolali terdapat 3.189 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan 19 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dimana tiap akan terdapat lima kotak suara dan 11 kotak suara untuk PPK. 

"Kalau pengesetan sudah selesai, kita buatkan berita acara untuk dilaporkan ke KPU Pusat. Nanti total jumlah kotak suara yang rusak akan diganti sesuai kebutuhan," jelasnya. 

Samapi hari ke dua ini, pihaknya sudah melakukan pengesetan sebanyak 2.000 kotak suara dengan jumlah tenaga sebanyak 15 orang. Satu orang per hari mampu untuk mengeset sebanyak 200 kotak suara. 

"Proses pengesetan akan selesai sesuai waktu yang sudah ditetapkan, yakni selama 10 hari," tandasnya. (Gal)