Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Rabu, 06 Februari 2019 / 05:10 WIB

2019, Kemenhub dan BUMN Bakal Bangun 10 Bandara Baru

JAKARTA, KRJOGJA.com - Pemerintah bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih memiliki program pembangunan bandara baru pada 2019. Sama seperti 2018, tahun ini setidaknya akan ada 10 bandara baru yang ditargetkan mulai dibangun.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dalam keterangannya mengatakan, 10 bandara baru ini tidak semuanya dibangun oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui APBN, melainkan juga dibangun oleh BUMN.

"Tahun lalu sudah terbangun bandara baru di 10 kota. Tahun ini akan bangun 10 lagi, kombinasi AP I, AP II dan Kemenhub," kata Budi Karya, Senin (4/2/2019).

Kemenhub telah menganggarkan kurang lebih Rp 500 miliar untuk membangun lima bandara baru pada 2019. Bandara ini yaitu Bandara Siau, Bandara Tambelan, Bandara Muara Taweh, Bandara Buntukunik dan Bandata Pantar.

Sementara bandara yang pembangunannya akan dikerjasamakan dengan swasta di antaranya yaitu Bandara Bali Utara, Bandara Kediri, dan Bandara Sukabumi.

Ia menuturkan, banyak bandara yang akan dibangun ini diharapkan bisa membuka pintu gerbang kota-kota di Indonesia, sekaligus meningkatkan ekonomi sekitar.

"Karena 70 persen wisatwan itu masuk ke Indonesia lewat jalur udara. Jadi ini juga mebantu meningkatkam wisatawan kita menjelajah indahnya kota-kota di Indonesia," ujar dia. (*)