Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 05 Februari 2019 / 14:40 WIB

AS dan Korsel Bahas Rencana KTT Kedua Donald Trump-Kim Jong-un

SEOUL, KRJOGJA.com - Utusan khusus Amerika Serikat (AS) untuk Korea Utara bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional Korea Selatan, di Seoul, Senin (4/2/2019), untuk membicarakan sebuah rencana pertemuan kedua antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

"Stephen Biegun menjelaskan kepada Chung Eui-yong mengenai sikap Amerika terhadap Korea Utara menjelang KTT," kata Kepala Gedung Biru dalam sebuah pernyataan.

 

Kantor kepresidenan di Seol melaporkan, ada dugaan Biegun akan bertemu dengan mitranya dari Korea Utara di desa perbatasan Korea, Panmunjom, atau di ibukota Korea Utara, Pyongyang, pekan ini.

Gedung Biru tidak secara khusus mengatakan apa yang dibahas dalam pertemuan Senin, tetapi Chung mengatakan kepada Biegun bahwa Korea Selatan berharap pembicaraan yang direncanakan antara AS dan Korea Utara akan membuka jalan bagi KTT yang sukses.

Biegun tiba di Seoul, pada Minggu dan juga mengadakan pembicaraan dengan pejabat Kementerian Luar Negeri Korea Selatan Lee Do-hoon.

Trump dan Kim bertemu Juni tahun lalu di Singapura, di mana mereka menyampaikan aspirasi yang tidak jelas mengenai Semenanjung Korea yang bebas nuklir, tanpa menjelaskan kapan atau bagaimana akan dilakukan.

Dalam wawancaranya dalam acara “Face the Nation”di CBS, Trump mengatakan, pertemuan kedua dengan Kim “sudah dijadwalkan”, tetapi tidak merinci lebih jauh. Ia mengatakan, “ada peluang sangat bagus bahwa kami akan mencapai kesepakatan.'' (*)