Peristiwa Editor : Ivan Aditya Senin, 04 Februari 2019 / 15:38 WIB

Amerika Kirim Tentara Tambahan ke Perbatasan Meksiko

AMERIKA, KRJOGJA.com - Kementerian Pertahanan Amerika Serikat akan mengirim 3.750 personel militer tambahan ke perbatasan dengan Meksiko sementara Presiden Donald Trump masih berusaha meminta dana untuk membangun tembok.

"Kementerian Pertahanan akan mengerahkan sekitar 3.750 personel tambahan AS untuk memberikan dukungan tambahan kepada Departemen Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (CBP) di perbatasan barat daya negara yang disetujui oleh Plt Menhan Pat Shanahan pada 11 Januari lalu," bunyi pernyataan Pentagon.

Kementerian tersebut memaparkan pengerahan personel ini akan berlaku selama tiga bulan. Tugas utama ribuan personel itu adalah "untuk mengawasi hingga akhir September 2019, serta penempatan sekitar 150 mil kawat berduri di setiap gerbang masuk perbatasan."

Penambahan pasukan ini menjadikan total personel militer di perbatasan AS-Meksiko saat ini berjumlah sekitar 4.350 orang. Dikutip AFP, sekitar Oktober lalu, Trump telah mengerahkan seribu personel militer ke perbatasan untuk membendung gelombang imigran ilegal.

Lawan politik Trump menganggap penambahan personel ke perbatasan merupakan "aksi politik yang dirancang untuk menciptakan ilusi krisis."

Rencana pengerahan pasukan tambahan ke perbatasan ini muncul menjelang tenggat waktu yang diberikan Trump kepada Kongres untuk menyetujui pendanaan pembangunan tembok perbatasan. Perdebatan anggaran tersebut sempat memicu penutupan pemerintah atau governement shutdown selama sebulan sejak 22 Desember lalu, yang terlama sepanjang sejarah. (*)